Kesenjangan Sosial

Faktor Dan Cara Menanggulangi Terjadinya Kesenjangan Sosial Di Masyarakat

Posted on
Faktor Dan Cara Menanggulangi Terjadinya Kesenjangan Sosial Di Masyarakat
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil dengan luas tabah sekitar 2 juta km² dan populasi yang keempat terpadat di dunia setelah China, India, dan Amerika. Kesuburan atau kelahiran merupakan salah satu penambah faktor selain migrasi penduduk, jumlah kelahiran setiap tahun di Indonesia masih besar, jumlah bayi yang lahir setelah tahun 2000 masih banyak setiap tahun jumlah kelahiran di Indonesia mencapai sekitar 4,5 juta bayi .

Kesenjangan Sosial

Tingkat kelahiran yang tinggi adalah apa yang menyebabkan ledakan penduduk di Indonesia. Jumlah penduduk yang banyak tentu menyebabkan banyak masalah, seperti kemiskinan, pendidikan, dan lain-lain. Hal-hal seperti itu, yang menyebabkan kesenjangan sosial di masyarakat. Kesenjangan ini terjadi disebabkan oleh kemiskinan yang merajalela dan kurangnya lapangan kerja.

Kesenjangan sosial adalah ketidakseimbangan sosial negara yang ada di masyarakat yang membuat perbedaan yang sangat mencolok. Fenomena ini terjadi di hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia. Kesenjangan sosial di Indonesia terlihat, antara kaya dan miskin, dan antara pejabat dan orang-orang. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan sosial ini di antaranya adalah kemiskinan dan kurangnya lapangan pekerjaan.

Kemiskinan adalah suatu kondisi di mana ada ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan merupakan penyebab utama ketimpangan sosial dalam masyarakat.

Banyak orang beranggapan bahwa kemiskinan adalah takdir atau mereka miskin karena mereka malas, tidak kreatif, dan tidak memiliki etos kerja. Kemiskinan memiliki dampak yang luas terhadap kehidupan, tidak hanya kehidupan pribadi orang miskin, tetapi juga untuk orang-orang yang tidak tergolong miskin. Kemiskinan bukan hanya beban pribadi, tetapi juga beban dan tanggung jawab masyarakat, negara dan dunia untuk menanggulanginya.

Meningkatnya jumlah orang yang tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja yang memadai, sehingga jumlah pengangguran tumbuh. Hal ini disebabkan kurangnya lapangan pekerjaan. Pekerjaan lapangan memiliki pengaruh besar dalam perekonomian masyarakat, sementara ekonomi adalah faktor kesenjangan sosial.

Salah satu karakteristik tenaga kerja di Indonesia adalah tingkat pertumbuhan lapangan kerja lebih tinggi dari laju pertumbuhan lapangan kerja. Berbeda dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, di mana pekerjaan masih berlebihan.

Faktor Yang Menyebabkan Pengangguran di Indonesia

  • Kurangnya sumber daya manusia pencipta kerja.
  • Overpopulasi / pencari kerja.
  • Kurangnya kain komunikasi antara pencari kerja dengan majikan.
  • Kurangnya pendidikan bagi pewirausaha.

Kesenjangan sosial akan menjadi semakin serius jika tidak segera diatasi. Adapun masalah yang akan disebabkan oleh adanya kesenjangan sosial :

Melemahnya Wirausaha

Kesenjangan sosial menjadi perusak kepentingan ingin memulai bisnis, crusher ingin terus mempertahankan bisnis, bahkan semangat crusher bagi perusahaan untuk mengembangkan lebih maju. Hali ini karena pengusaha selalu dianggap sepele.

Terjadi Kriminalitas

Banyak orang miskin yang terpaksa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, seperti pencopetan, pencurian, perjudian, jambret, begal. dll.

Upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk memecahkan masalah ketimpangan sosial yang terjadi di Indonesia :

  • Mengutamakan Pendidikan.
  • Menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan.
  • Meminimalkan korupsi dan memberantas korupsi.
  • Meningkatkan sistem peradilan di Indonesia dan melakukan pengawasan ketat dari mafia peradilan.

Kesenjangan sosial terjadi karena jumlah orang miskin dan pengangguran di Indonesia. Indonesia sebenarnya mampu menjadi negara maju dan negara yang mampu memberikan kesejahteraan masyarakat. Karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya dan melimpah tapi mengapa masih terjadi kesenjangan sosial yang sangat mencolok. Ini adalah pertanyaan besar kebutuhan untuk jawaban dan titik terang. Ini adalah tugas bagi pemerintah untuk menjadi kesejahteraan sosial dan meminimalkan kesenjangan sosial.

Di Kutip Dari Sumber : kompasiana.com

Demikian Pembahasan Tentang Faktor Dan Cara Menanggulangi Terjadinya Kesenjangan Sosial Di Masyarakat  Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

Simak link berikut untuk mendapatkan informasi tentang :

loading...