“File” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh – Jenis )

Posted on

“File” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh – Jenis )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai File yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, contoh dan jenisnya. Untuk hal ini sering kali di jaman yang moderen ini kita mendengar nama file komputer, apakah itu file? Inilah penjelasanya.

File merupakan kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program, atau definisi file ialah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.

File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file ialah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Pengertian file menurut beberapa ahli, bisa di simak berikut ini:

Menurut Hendrayudi

File ialah data-data yang tersimpan dalam media yang mempunyai informasi besar file, tanggal & jam penyimpanan file, nama file, ciri file “ciri aplikasi yang membuat” & attribut file”.

Menurut Rachmad Hakim S.

File merupakan dokumen yang mengandung informasi tertentu & dapat dibuka dengan program.

Menurut Sindhunata

File ialah kumpulan catatan atau arsip.

Menurut Mcleod (PEARSON)

File ialah koleksi record yang saling berhubungan seperti satu file dari seluruh record yang berisi field kode-kode mata kuliah dan namanya.

Menurut Edi S. Mulyanta

File merupakan urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital untuk urusan penyimpanan & pertukaran data.

Contoh Dan Jenis File Serta Ekstensinya

Berikut ini contoh jenis file dan macam-macam ekstensinya yaitu:

  • System= sys, com, bk, bat, tmp dan exe.
  • Video= avi, KV, mpg, mpeg, wmv, 3gp dan flv.
  • Dokumen= html, doc, odt, xls, ods dan pdf.
  • Suara= wav, rm, mp3 dan midi.
  • Gambar= jpeg, jpg, gif, png tif dan tiff.
  • Dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai “File” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga: