“Flora Dan Fauna” Pengertian & ( Persebaran – Upaya Melestarikan )

Rate this post

“Flora Dan Fauna” Pengertian & ( Persebaran – Upaya Melestarikan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai flora dan fauna yang dimana dalam hal ini meliputi seperti pengertian, persebaran dan upaya untuk melestarikannya, agar lebih jelas untuk dimengerti dan dipahami simak ulasan dibawah ini.

"Flora Dan Fauna" Pengertian & ( Persebaran - Upaya Melestarikan )

Pengertian Flora Dan Fauna

Dalam hal ini pengertian flora dan fauna secara sederhana flora ialah tanaman dan fauna ialah hewan. Yang sementara pengertian flora secara umum ialah segala jenis rumbuhan serta tanaman yang ada dimuka bumi dan fauna ialah segala jenis hewan yang hidup di muka bumi.

Flora dan fauna memiliki jenis yang begitu banyak dan beragam hingga tidak lagi terhitung jumlahnya, beragam hewan dan tumbuhan tersebut memiliki tempat tinggal yang beragam mulai di laut atau bisa pula di darat.

Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Lingkungan sangat penting bagi kehidupan umat manusia, banyak manfaat yang dapat dipetik antara lain sebagai sumber daya alam untuk mendukung kehidupan manusia, contohnya keberadaan tumbuhan dan hewan.

Persebaran Flora Di Indonesia

Indonesia termasuk negara yang memiliki kekayaan dan keanekaragaman sumberdaya “terutama sumber daya hayati” tertinggi di dunia. Jenis tumbuh-tumbuhan sebanyak 25000 jenis atau kira-kira 10% dari flora di dunia. Persebaran jenis-jenis tumbuhan berada pada kawasan hutan tropis basah yang merupakan hutan primer yang masih menutupi wilayah daratan Indonesia kira-kira 63%.

Persebaran tumbuhan di Indonesia dipengaruhi oleh faktor geigrafi yakni kondisi tanah dan iklim. Wilayah Indonesia memiliki dua paparan atau dangkalan yakni dangkalan Sunda di Indonesia bagian barat dan dangkalan Sahul di Indonesia bagian timur.

Tumbuhan jenis rotan terdapat di kawasan Indonesia bagian barat. Tumbuhan meranti yang berupa pohon besar dan jenisnya ada sekitar 335 macam. Tumbuhan ini hanya terdapat di Indonesia bagian barat. Pohon ini mendominasi dan merupakan tumbuhan utama di hutan-hutan primer Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Pulau Jawa kurang lebih memiliki 50 jenis kayu yang berkualitas tinggi sedangkan untuk Indonesia secara keseluruhan terdapat kurang lebih 4000 jenis. Di dalam hutan terdapat sumber daya hayati yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup manusia. Sumberdaya hayati hutan meliputi karbohidrat, zat pewarna, zat pengawet, obat-obatan dan sebagainya.

Persebaran Fauna Di Indonesia

Di Indonesia hidup kurang lebih 220.000 jenis hewan (200.000 jenis serangga), 4.000 jenis ikan, 2.000 jenis burung, 1000 jenis reptil dan amfibia. Atas dasar paparan Sunda dan Sahul jenis hewan pun ikut terbagi dua kelompok dan dipisahkan oleh garis Wallace.

Wilayah Indonesia Barat “paparan sunda” banyak memiliki jenis mamalia dan burung, kira-kira ada 70% merupakan pengahuni daratan dengan hutan primernya. Sumber daya hewan laut mempunyai potensi kurang lebih 40 juta ton pertahun tetapi yang dimanfaatkan baru 20% yakni meliputi ikan, udang, kerang. Ikan laut kira-kira ada 2000 jenis dan yang mempunyai nilai ekonomis hanya sekitar 40 jenis.

Upaya Melestarikan Flora Dan Fauna

Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak sekali flora dan fauna yang mulai jarang bisa kita temui. Hal ini dikarenakan populasi mereka yang semakin sedikit dan akhirnya hilang sama sekali. Bukan hanya akibat faktor alam, namun juga akibat perburuan yang dilakukan oleh manusia. Manusia banyak memburu flora dan fauna yang ada untuk beragam jenis kepentingan seperti untuk makanan, untuk pengobatan atau bahkan untuk perhiasan. Bukan hanya itu namun banyak juga melakukan pengerusakan habitat tempat tinggal flora maupun fauna sehingga dibutuhkan cara untuk dapat melestarikan flora dan fauna.

Dalam melakukan upaya pencegahan supaya flora dan fauna tidak mengalami kepunahan, maka diperlukan upaya-upaya berikut ini:

  • Bangun tempat-tempat yang berguna untuk menjaga kelestarian alam supaya perkebangbiakan flora dan fauna tidak terganggu.
  • Membangun prasarana yang digunakan sebagai pusat rehabilitasi serta tempat untuk melakukan penangkaran pada hewan-hewan tertentu.
  • Melakukan pembangunan yang peduli dengan alam, dalam hal ini pembangunan yang dilakukan harus memperhatikan keseimbangan antara manusia serta lingkungan.
  • Pemerintah bisa menetapkan beragam jenis flora dan fauna yang dilindungi seperti kanguru pohon, bekantan, soa-soa atau yang kita kenal dengan biawak, badak, anoa, tapir dan lain-lain.
  • Melakukan usaha dan cara menjaga kelestarian hutan.
  • Melestarikan hewan dengan cara seperti, melindungi hewan dari perburuan liar serta pembunuhan, mengembalikan hewan ke habitatnya yang semula.
  • Melakukan usaha untuk melestarikan keberadaan biota perairan seperti, mencegah perusakan di wilayah perairan, melarang penangkapan yang bisa mematikan ikan serta jenis biota yang lain seperti halnya penggunaan bahan peledak, melindungi anak ikan atau benih-benih hewan yang lain dari gangguan serta penangkapan liar.

Demikianlah pembahasan mengenai “Flora Dan Fauna” Pengertian & ( Persebaran – Upaya Melestarikan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: