“Folder” Pengertian & ( Fungsi – Cara Membuat )

Posted on
“Folder” Pengertian & ( Fungsi – Cara Membuat )
5 (100%) 1 vote

“Folder” Pengertian & ( Fungsi – Cara Membuat )

DosenPendidikan.Com – Nah sebelum membahas pengertian dari folder dalam komputer, alangkah baiknya kita mengetahui asal-usul penggunaan nama folder di dunia nyata. Ada suatu alat atau benda yang dipakai sebagai tempat menyimpan file berupa kertas yang agar file-file kertas tersebut dapat terlindung dari debu dan tidak mudah kusut.

Di Amerika Serikat benda seperti itu dinamakan File Folder sedangkan di Inggris dan Australia dinamakan Folder. Jadi intinya benda yang bernama folder tersebut dinamakan untuk memisahkan file berbentuk kertas sesuai dengan jenis filenya.

Serta dengan folder tersebut dapat mengurangi resiko kerusakan filer karena biasanya folder tersebut dari material yang lebih keras dari kertas. Bahan dasar folder bisa berbeda-beda, bisa terbuat dari kertas yang lebih keras atau bisa juga terbuat dari plastik.

Dan sedangkan folder pada komputer fungsinya tidak jauh berbeda dengan folder yang telah dijelaskan diatas. Untuk perbedaannya ialah folder dalam komputer berbentuk digital sedangkan folder untuk menyimpan file kertas berbentuk fisik. Lalu apa pengertian folder pada komputer yang sebenarnya?

Pengertian Dan Fungsi Folder

Merupakan suatu program pada komputer yang berguna untuk menyimpan berbagai macam file di dalamnya. Fungsi utama dari folder ialah untuk menyimpan file sekaligus mengelompokkannya menurut jenis file itu sendiri.

Misalnya kita memiliki banyak sekali file di dalam komputer, untuk mempermudah dalam pencarian file kita perlu mengelompokkannya kepada beberapa bagian. Kita perlu membuat beberapa wadah untuk menyimpan file musik, dokumen dan foto.

Disanalah kegunaan dari folder, kita bisa menyimpan file musik pada sebuah folder yang telah kita buat yang dikhususkan untuk menyimpan file musik, folder tersebut telah kita berinama folder Musik. Dan begitulah dengan file-file jenis lainnya, disimpan dalam sebuah folder masing-masing. Maka ketika kita membutuhkan file musik kita tinggal cari saja folder Musik di komputer kita.

Yang secara default, folder pada komputer yang bersistem operasi Windows dapat dibedakan menurut iconya. Icon yang digunakan untuk sebuah folder menggunakan simbol gambar berbentuk tas atau koper warna kuning. Nama lain dari folder ialah directory, fungsi dari directory itu sendiri sama dengan fungsi dari pada folder. Biasanya penggunaan bahasa directory digunakan pada komputer berbasis DOS dan Linux.

Cara Membuat Folder Pada Windows

Adapun untuk cara membuat Folder pada windows yaitu:

  • Hal yang pertama dengan masuk ke Windows Explorer “atau tekan tombol Windows + W bersamaan”.
  • Pilih drive yang diinginkan misal drive C.
  • Arahkan pointer ke ruang kosong, kemudian klik kanan, pilih New, kemudian pilih Folder.
  • Di drive C kalian akan menemukan sebuah folder baru bernama “New Folder”, berinama folder baru tersebut untuk memudahkannya dalam pencarian folder nanti ketika dibutuhkan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Folder” Pengertian & ( Fungsi – Cara Membuat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...