Globalisasi Dalam Bidang Budaya Beserta Contohnya

Globalisasi Dalam Bidang Budaya Beserta Contohnya
4 (80%) 2 votes

DosenPendidikan.Com – Globalisasi sangat mempengaruhi sekali,hampir dari segi aspek yang ada di masyarakat yang termasuknya dari aspek budaya. Sebuah kebudayaan bisa diartikan sebagai nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang sangat dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal. Baik nilai-nilai maupun persepsi yang berkaitan dengan segi aspek-aspek kejiwaan ( psikologis ) yakni apa yang terdapat dalam alam pikiran. Dari segi aspek-aspek kejiwaan ini hal yang menjadi sangat penting yang artinya apabila disadari, bahwa tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan. Yang merupakan salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang ialah kesenian yang merupakan subsistem dari kebudayaan.

globalisasi

Inilah berbagai macam contoh dari Globalisasi dalam bidang budaya sebagai berikut :

Meningkatnya Imigrasi

Bukan hal yang aneh lagi apabila setiap tahunnya di Indonesia sendiri kedatangan jutaan orang asing yang termasuk turis asing didalamnya. Tentunya dengan demikian mereka membawa budayanya masing-masing dan kita hatus dapat menyaring budaya yang masuk.

Pengaruh Dari Mode-Mode Luar Negeri

Yang salah satu contoh globalisasi dalam bidang budaya ialah masuknya mode-mode luara negeri ka indonesia saat ini mode-mode yang sedang trand di Indonesia ini ialah mode-mode dari negara Korea, Jepang dan Amerika Serikat.

Berkembanganya Budaya Asing

Budaya asing yang berkembang di Indonesia tidak dapat lagi dihindari yang salah satunya misalnya ialah budaya Kpop dari Korea Selatan, untuk sisi dari nilai positifnya kita optimalkan dan dari sisi negatifnya harus kita buang jauh-jauh dari tanah air kita.

Tersingkirnya Kebudayaan Nasional

Dalam contoh lain dari globalisasi budaya yang sangat sekali disayangkan ialah lunturnya kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki kecenderungan lebih suka dengan budaya-budaya asing.

Terjadinya Pertukaran Budaya

Yang merupakan salah satu hal yang positif bagi Indonesia dalam globalisasi ialah terjadinya pertukaran budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain. Dengan hal ini semakin meningkatkan eksistensi kebudayaan Indonesia dimata Internasional.

Demikianlah pembahasan mengenai Globalisasi Dalam Bidang Budaya Beserta Contohnya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂