Globalisasi Dalam Bidang Politik Dan Beserta Contohnya

Posted on
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Pengertian Globalisasi yang diambil dari kata ( global ) yang memiliki arti atau makna adalah universal. Globalisasi belum mempunyai definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja ( workingdefinition ) sehingga tergantung dari sisi mana orang dapat melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial atau proses sejarah atau bisa juga proses alamiah yang akam membawa seluruh bangsa dan negara didunia makin terikat satu dengan yang lainnya, dengan mewujudkan satu tatanaan kehidupan yang baru kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Dan Globalisasi juga merupakan suatu proses yang mancangkup keseluruhan dalam betbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata, sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol.

globalisasi dalam bidang politik

Dari susdut padang ini, Globalisasi tidak lain ialah kapitalisme dalam bentuknya yang paling mutakhir. Negara-negara yang begitu kuat dan kaya praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya kerana tidak dapat mampu bersaing. Sebab globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan sangat berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama.

Pengertian Politik sendiri ialah, politik berasal dari bahasa yunani yakni ( Polis ) yang artinya Negara kota. Pada awalnya politik berhubungan dengan berbagai macam kegiatan dalam negara/kehidupan negara. Istilah politik dalam ketatanegaraan berkaitan dengan tatacara pemerintahan, dasar-dasar pemerintahan ataupun dalam hal kekuasaan negara. Politik pada dasarnya menyangkut tujuan-tujuan masyarakat, bukan tujuan pribadi. Politik biasanya menyangkut kegiatan partai politik, tentara dan organisasi kemasyarakatan. Dapat disimpulkan bahwa politik ialah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan kebijakan dan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Dan inilah beberapa contoh globalisasi dalam bidang politik sebagai berikut ini :

Hadir Politik Suatu Negara

Negara Indonesia mempunyai politik luar negeri tersendiri yaitu bebas aktif, bebas yang artinya tidak memihak kepada blok manapun dan aktif yang artinya dalam aktivitas internasional misalnya seperti menjadi bagian dari PBB, dan membantu negara-nagara lain, dan sebagainya.

Terbentuknya Organisasi Internasional

Salah satu dari sekian banyak contoh globalisasi dalam bidang politik ialah munculnya organisasi-organisasi internasional yang terdiri dari berbagai macam negara yang pada umumnya memmiliki kesamaan visi dan misi seperti misalnya PBB, APEC, dan lain-lain.

Kerjasama Antar Negara

Kerjasama yang bilateral atau multilateral suatu negara dengan negara lainnya juga merupakan dampak dari adanya globalisasi, tentunya diharapkan kerjasama ini dapat salaing menguntungkan negara-negara yang bekerja sama tersebut ( mutualisme ).

Masuknya Ideologi-Ideologi Asing

Globalisasi dapat memudahkan masuknya ideologi-ideologi yang masuk ke tanah air, apabila hal ini tidak sesuai dengan falsafah kita maka bukan tidak mungkin akan terjadi kekacauan dan kita sudah memiliki sejarah dengan hal ini.

Campur Tangan Negara Lain

Salah satu contoh globalisasi dalam bidang politik yang amat kita sayangkan ialah adanya campur tangan negara lain, kita bisa melihat contohnya dari beberapa negara di Timur Tengah yang direcoki atau dicampur tangani oleh negara-negara lain.

Nah itulah kira-kira pembahasan mengenai Globalisasi Dalam Bidang Politik Dan Beserta Contohnya yang seharusnya kita ketahui bersama. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda semua, terima kasih banyak telah mengunjungi. 🙂