“Hukum Pemantulan Cahaya” Definisi & ( Percobaan – Bunyi Pada Cermin Datar )

Posted on

“Hukum Pemantulan Cahaya” Definisi & ( Percobaan – Bunyi Pada Cermin Datar )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai hukum pemantulan cahaya pada cermin datar yang dimana dalam hal ini meliputi definisi, percobaan dan bunyi dari cermin datar, nah agar lebih dimengerti dan dipahami kalau begitu simak saja ulasan berikut ini.

Hukum Pemantulan Cahaya

Telah diketahui bahwa cermin datar memantulkan cahaya yang datang padanyam dibawah ini ialah gambar pemantulan sinar oleh cermin datar. Sinar dari kotak cahaya yang ditutup dengan celah tunggal diarahkan ke cermin datar, sinar mangalami pemantulan seperti gambar dibawah ini.

"Hukum Pemantulan Cahaya" Definisi & ( Percobaan - Bunyi Pada Cermin Datar )

Percobaan Dalam Pemantulan Cahaya

Dalam hal ini dengan melakukan kegiatan menggunakan kotak cahaya, cermin datar dan busur derajat didapat data sebagai berikut.

"Hukum Pemantulan Cahaya" Definisi & ( Percobaan - Bunyi Pada Cermin Datar )

“Tanda x tempat jarum ditancapkan untuk menyatakan sinar datang dan sinar pantul, kemudian dibuat normal sehingga sudut datang dan sudut pantul dapat diukur. Bila sudut datang diubah dengan cara mengubah posisi kotak cahaya, sudut pantul juga berubah”.

Lihat tabel dibawah ini"Hukum Pemantulan Cahaya" Definisi & ( Percobaan - Bunyi Pada Cermin Datar )
Dari tabel diatas, kita dapat mengetahui ada beberapa data yang sudut datang dengan sudut pantulanya berbeda sangat kecil ini dapat terjadi karena kekurang sempurnaan alat dan pengamatan “kesalahan pengamat”, jika kesalahan dapat kita perkecil serendah mungkin tentunya kita dapatkan:

“Sudut datang (i) = Sudut pantul (r)”

Selain itu ternyata sinar datang, garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.

Bunyi Hukum Pemantulan Cahaya Pada Cermin Datar

  • Sinar datang, garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
  • Sudut datang, sama besar dengan sudut pantul.

Demikianlah pembahasan mengenai “Hukum Pemantulan Cahaya” Definisi & ( Percobaan – Bunyi Pada Cermin Datar ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak.

Baca Juga: