“Huruf Miring” Pengertian & ( Cara Penulisan – Contoh )

Posted on

“Huruf Miring” Pengertian & ( Cara Penulisan – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai huruf miring, yang dimana meliputi pengertian, cara penulisan dan contoh, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya di bawah ini.

"Huruf Miring" Pengertian & ( Cara Penulisan - Contoh )
Huruf merupakan sebuah grafem dari suatu sistem tulisan misalnya alfabet Yunani dan aksara yang diturunkannya. Dalam suatu huruf terkandung suatu fonem dan fonem tersebut membentuk suatu bunyi dari bahasa yang dituturkannya.

Setaip aksara memiliki huruf dengan nilai bunyi yang berbeda-beda, dalam aksara jenis alfabet, abjad dan abugida biasanya suatu huruf melambangkan suatu fonem atau bunyi.

Berbeda dengan logogram atau ideogram yang hurufnya mewakili ungkapan atau makna suatu lambang misalnya aksara Tionghoa.

Dalam aksara jenis silabis atau aksara suku kata, suatu huruf melambangkan suatu suku kata contohnya ialah Hiragana dan Katakana yang digunakan di Jepang.

Dan beberapa aksara misalnya alfabet Yunani dan keturunannya memiliki varian dari satu huruf yang sama disebut dengan istilah huruf besar dan huruf kecil. Hurug besar biasanya dipakai di awal kata sedangkan huruf kecil ditulis setelahnya.

Pengertian Huruf Miring

Huruf miring ialah huruf yang tercetak miring dalam terminologi tipografi disebut italic. Huruf italic ini biasanya digunakan untuk memberikan penekanan pada sebuah kata. Disamping itu, huruf-huruf ini juga dipakai untuk menunjukkan istilah atau kata yang berasal dari bahasa asing.

Penulisan Huruf Miring

Adapun huruf miring dalam cetakan dipakau untuk menuliskan nama buku, majalah dan surat kabar yang dikutip dalam tulisan.

Contoh:

  • Majalah Bahasa dan Sastra buku Negarakertagama karangan Prapanca, surat kabar Suara Rakyat.

Huruf Miring Untuk Mengkhususkan Huruf

Huruf miring dalam cetakan dipakau untuk menegaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, kata atau kelompok kata.

Contoh:

  • Huruf pertama kata abad ialah a.
  • Dia bukan menipu tetapi ditipu.
  • Bab ini tidak membicarakan penulisan huruf kapital.
  • Buatlah kalimat dengan berlepas tangan.

Huruf Miring Untuk Penulisan Nama Ilmiah

Huruf miring dalam cetakan dipakau untuk menuliskan nama ilmiah atau ungkapan asing, kecuali yang telah disesuaikan ejaannya.

Contoh:

  • Nama ilmiah buah manggis ialah Carcinia mangostama.
  • Politik devide et impere pernah merajalela di negeri ini.

Demikianlah pembahasan mengenai “Huruf Miring” Pengertian & ( Cara Penulisan – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: