“Ide Pokok” Definisi & ( Cara Menemukan – Bagian – Macam – Contoh )

Posted on
“Ide Pokok” Definisi & ( Cara Menemukan – Bagian – Macam – Contoh )
5 (100%) 3 votes

“Ide Pokok” Definisi & ( Cara Menemukan – Bagian – Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai ide pokok yang dimana dalam hal ini meliputi definisi, cara menemukan, bagian, macam dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

"Ide Pokok" Definisi & ( Cara Menemukan - Bagian - Macam - Contoh )

Definisi Ide Pokok

Ide merupakan rancangan yang tersusun dalam pikiran, gagasan atau cita-cita “KBBI, 2001:416”. Pokok ialah pusat “KBBI, 2001:884”. Jadi Ide Pokok ialah rancangan pokok yang tersusun di dalam pikiran, gagasan atau merupakan suatu gagasan/pikiran utama dari sebuah paragraf/yang mendasari suatu paragraf.

Cara Menemukan Ide Pokok Suatu Paragraf

Adapun untuk cara menemukan Ide Pokok suatu paragraf yaitu:

  • Membaca dari keseluruhan teks bacaan.
  • Memahami isi bacaan teks bacaan tersebut.
  • Menemukan Ide pokok bacaan.

Biasanya ide pokok dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topik. Paragraf yang ide pokoknya terdapat di awal paragraf disebut paragraf deduktif, sedangkan paragraf yang ide pokoknya terdapat di akhir paragraf disebut induktif.

Bagian-Bagian Paragraf

Adapun untuk bagian-bagian paragrag yaitu:

  • Inti kalimat/ide pokok
  • Kalimat penjelas/ide penjelas paragraf

Macam-Macam Paragraf

Adapun untuk macam-macam paragraf itu sendiri yaitu:

  • Paragraf deduktif ialah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.
  • Paragraf Induktif ialah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik, paragraf induktif dapat dibagi ke dalam tiga jenis yakni generalisasi, analogi dan kausalitas.
  • Paragraf campuran ialah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat topik. Kalimat topik yang ada pada akhir paragraf merupakan penegasan dari awal paragraf.

Contoh Soal Dan Pembahasan

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi, kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.

Ide pokok paragraf diatas ialah:

  • Manusia tidak dapat dipisahkan dari komunikasi.
  • Manusia menggunakan sarana komunikasi.
  • Sarana komunikasi ada yang sederhana.
  • Sarana komunikasi ada yang modern.
  • Peradaban manusia tidak akan maju tanpa adanya komunikasi.

Pembahasan:

Jawaban manusia tidak dapat dipisahkan dari komunikasi ialah ide pokok yang benar, karena termasuk paragraf deduktif yang ide pokoknya terdapat di awal paragraf.

Demikianlah pembahasan mengenai “Ide Pokok” Definisi & ( Cara Menemukan – Bagian – Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...