“Identitas Nasional” Pengertian & ( Fungsi – Hakikat – Unsur – Contoh )

Posted on

“Identitas Nasional” Pengertian & ( Fungsi – Hakikat – Unsur – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Identitas Nasional yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi, hakikat, unsur dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Identitas Nasional

Identitas ialah sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kasadaran diri pribadi sendiri, kelompok sendiri, golongan sendiri, komonitas sendiri atau negara sendiri. Mengacu kepada pengertian ini, identitas tidak terbatas pada individu semata tetapi berlaku pula pada suatu golongan.

Sedangkan kata nasional merupakan identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang lebih besar yang diikat oleh kesamaan-kesamaan, baik fisik seperti agama, budaya dan bahasa maupun non fisik seperti cita-cita, keinginan dan tujuan.

Pengertian Identitas Nasional ialah suatu ciri yang dimiliki sebuah bangsa, secara fisiologi yang membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lainnya. Berdasarkan pengertian tersebut maka setiap bangsa di dunia ini akan mempunyai identitas sendiri-sendiri sesuai dengan keunikan, ciri-ciri, bagaimana bangsa tersebut terbetuk secara historis.

Pengertian Identitas Nasional ialah suatu ciri yang dimiliki sebuah bangsa, secara fisiologi yang membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lainnya. Berdasarkan pengertian tersebut maka setiap bangsa di dunia ini akan mempunyai identitas sendiri-sendiri sesuai dengan keunikan, ciri-ciri, sifat, serta karakter dari bangsa tersebut. Identitas nasional sangat ditentukan oleh proses bagaimana bangsa tersebut terbentuk secara historis.

Fungsi Identitas Nasional

Adapun fungsi identitas nasional sebagai berikut:

  • Sebagai pemersatu bangsa.
  • Sebagai ciri khas yang membedakan sebuah bangsa dari bangsa yang lain.
  • Sebagai pegangan atau landasan bagi sebuah negara untuk berkembang atau mewujudkan potensi yang dimiliki.

Hakikat Identitas Nasional

Hakikat Identitas Nasional kita sebagai bangsa di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ialah pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam penataan kehidupan kita dalam arti yang luas, misalnya di dalam aturan perundang-undangan atau moral yang secara normatif diterapkan diterapkan didalam bermasyarakat atau berinteraksi, baik itu di dalam tataran nasional ataupun internasional.

Dengan demikian nilai-nilai budaya yang tercermin di dalam Identitas Nasional tersebut bukanlah barang jadi yang sudah selesai dalam kebekuan normatif dan domatis, melainkan sesuatu yang terbuka yang cenderung terus-menerus bersemi karena adanya hasrat menuju kemajuan yang dimiliki oleh masyarakat. Konsekuensi dan implikasinya ialah identitas nasional merupakan sesuatu yang terbuka untuk ditafsir dengan diberi makna baru agar tetap relevan dan fungsional dalam kondisi aktual yang berkembang dalam masyarakat.

Unsur-Unsur Identitas Nasional

Identitas Nasional ialah ciri-ciri yang dapat membedakan negara Indonesia dengan negara lain. Identitas nasional Indonesia dibuat serta disepakati oleh para pendiri bangsa Indonesia. Identitas nasional Indonesia tercantum dalam konstitusi Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar 1945 dalam pasal 35-36C, Identitas Nasional yang menunjukkan jati diri Indonesia antara lain ialah sebagai berikut:

  • Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia
  • Bendera negara yaitu Sang Merah Putih
  • Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat
  • Lambang Negara yaitu Pancasila
  • Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya
  • Semboyan Negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika
  • Konstitusi “Hukum Dasar” negara yaitu UUD 1945
  • Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila
  • Konsepsi Wawasan Nusantara
  • Kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai Kebudayaan Nasional

Contoh Dari Implementasi Identitas Nasional

Contoh dari Implementasi Identitas Nasional ialah kewajiban diadakannya upacara bendera setiap hari senin pada seluruh instansi pemerintah. Dalam upacara bendera, terdapat banyak sekali unsur identitas negara. Seperti pengibaran sang saka merah putih, pembacaan Pancasila, pembacaan UUD 1945, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pada penutup di akhiri dengan doa “agama”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Identitas Nasional” Pengertian & ( Fungsi – Hakikat – Unsur – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: