“Ideologi Tertutup” Pengertian Serta ( Ciri-Cirinya )

Posted on

“Ideologi Tertutup” Pengertian Serta ( Ciri-Cirinya )

DosenPendidikan.Com – Kata Ideologi pertama sekali diperkenalkan oleh filsuf Prancis Destutt de Tracy pada tahun 1796, kata ini berasal dari bahasa Perancis ideologie yang merupakan gabungan 2 kata yaitu ideo yang mengacu kepada gagasan dan logie yang mengacu kepada logos kara dalam bahasa Yunani untuk menjelaskan logika dan rasio. Destutt de Tracy menggunakan kata ini dalam pengertian etimologinya sebagai “ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan”.

Secara umum pengertian Ideologi ialah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.
Istilah Ideologi berasal dari kata “idea” “Inggris” yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita dan kata “logi” yang dalam bahasa Yunani logos artinya ilmu atau pengetahuan. Secara Harfiah, pengertian Ideologi ialah pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Dalam pengertian sehari-hari “idea” yang berarti “cita-cita”. Cita-cita yang dimaksud ialah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham. Ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, gagasan dan cita-cita. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang luas, sebagai cara memandang segala sesuatu. Ideologi ialah sistem pemikiran abstrak “tidak hanya sekedar pembentukan ide” yang diterapkan pada masalah publik sehingga pembuat konsep ini menjadi intisari politik.

Pengertian Ideologi Tertutup

Ideologi tertutup merupakan ajaran atau pandangan dunia yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, tetapi harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi.

Ideologi tertutup dapat diartikan sebagai ideologi yang dimutlakkan, Ideologi tertutup merupakan, kebenaran dari Ideologi tertutup tidak dipermasalahkan dalam nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral yang lain.

Ideologi tertutup memiliki sifat yang dogmatis dan apriori. Arti dogmatis ialah mempercayai terhadap suatu keadaan tanpa daya yang valid. Sedangkan arti apriori ialah berprasangka terlebih dahulu terhadap suatu keadaan. Ideologi tertutup memakai pemaksaan dalam pemberlakuan yang dipatuhi setiap masyarakat yang kordinir oleh masyarakat elit atau kelompok masyarakat, hal ini berarti bersifat otoriter yang dijalankan dengan totaliter.

Ciri-Ciri Ideologi Tertutup

Adapun ciri-ciri ideologi tertutup diantaranya yaitu:

  • Bukan cita-cita yang hidup dalam diri masyarakat.
  • Tidak bersifat nilai atau cita-cita.
  • Kepercayaan dan kesetiaan yang sifatnya kaku.
  • Terdiri dari tuntutan konkret dan operasional secara mutlak.

Demikianlah pembahasan mengenai “Ideologi Tertutup” Pengertian Serta ( Ciri-Cirinya ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: