Ini Lho Ternyata !! Fungsi Punuk Pada Unta Yang Unik Bentuknya

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Unta adalah spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal – Camelus dromedarius, satu berpunuk ganda – Camelus bactrianus) yang hidup ditemukan dalam kering dan gurun wilayah di Asia dan Afrika Utara. Harapan hidup rata-rata seekor unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.

Domestikasi unta oleh manusia mulai sekitar 5.000 tahun yang lalu. Pemanfaatan antara lain untuk diambil susu unta yang memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari susu sapi dan daging, dan juga digunakan sebagai hewan pekerja.

Fungsi Punuk Unta

Ini Lho Ternyata !! Fungsi Punuk Pada Unta Yang Unik Bentuknya

Kemampuan Adaptasi Ekologi Unta

Seperti yang Anda tahu, unta hidup di padang pasir yang memiliki kisaran suhu udara yang membunuh mayoritas makhluk hidup. Selain itu, mereka mampu untuk tidak makan atau minum selama beberapa hari.

Ada banyak hal yang membuat mereka mampu beradaptasi. Salah satunya adalah punuknya. Banyak orang berpikir punuknya menyimpan air, tapi tidak. Unta khusus punuk menyimpan lemak, yang di beberapa titik dapat dikonversi ke dalam air dengan bantuan hasil respirasi oksigen. Satu gram lemak di punuk unta bisa diubah menjadi satu gram air.

Adaptasi lainnya adalah luar biasa, sistem respirasinya meninggalkan sedikit jejak kelembaban. uap air dari paru-paru diserap kembali oleh tubuh melalui sel-sel khusus yang terletak di hidung dalam, membentuk kristal dan dapat diambil setiap saat.

Tubuh unta dapat bertahan hingga suhu 41 derajat Celcius. Selain itu, unta mulai berkeringat. Penguapan keringat yang terjadi hanya pada kulit, tidak rambut. Dengan cara pendinginan yang efisien, unta mampu menghemat cukup banyak air.

Unta bisa bertahan hilangnya massa sekitar 20% -25% selama berkeringat. Mayoritas makhluk hidup hanya dapat bertahan hingga hilangnya massa sekitar 3% -4% sebelum gagal jantung terjadi karena penebalan darah. Meskipun unta kehilangan banyak cairan tubuh, darah tetap terhidrasi, hingga batas 25% tercapai.

Ada banyak hal mengapa darah unta mengental kondisi darah di mana mayoritas makhluk hidup mengental. Camel sel darah merah berbentuk oval, bukan bulat seperti makhluk hidup lainnya. Unta juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup unik.

Semua mamalia memiliki Y berbentuk antibodi dengan dua rantai panjang sepanjang Y dengan dua rantai pendek di setiap ujung Y, tapi unta hanya memiliki dua rantai panjang yang membuat bentuk yang lebih kecil, sehingga mengurangi kemungkinan darah akan mengental.

Ginjal dan usus mereka sangat efisien dalam menyaring air. Sangat kental bentuk urine dan kotoran mereka sangat kering sehingga bisa langsung dibakar ketika dikeluarkan.

Fungsi Punuk Pada Unta

Ketika unta lahir punuknya hanya kantong kulit yang fleksibel kosong, tapi saat ia tumbuh, jaringan lemak khusus yang dibentuk di punuknya sehingga punuk mulai terbentuk dan berisi. Lemak khusus bisa berubah menjadi air dengan bantuan hasil respirasi oksigen. Satu gram lemak di punuk unta bisa menghasilkan satu gram air.

Dengan bantuan dari lemak ini di punuk unta bisa bertahan hingga dua minggu tanpa makanan. Selain itu, lokasi tempat tinggal mereka di padang pasir Afrika dan Timur Tengah di mana makanan menjadi sangat langka.

Selama ribuan tahun punuk unta juga berguna bagi orang-orang yang memeliharanya. Memfasilitasi pemeliharaan yang tidak perlu banyak makanan dan terlalu kuat untuk mengangkut transportasi barang.

Unta berpunuk dua digunakan oleh manusia sejak sekitar 2500 SM di utara Iran, Afghanistan Timur Laut dan Pakistan utara. Sementara itu, unta satu-berpunuk atau Dromedary digunakan antara 4000-200 SM dalam bahasa Arab.

Bagaimana Sobat ??? Masih Penasaran Fungsi Dari Punuk Unta ??? 😀

Ini Lho Ternyata !! Fungsi Punuk Pada Unta Yang Unik Bentuknya