Inilah Proses Kerja Ginjal Untuk Menghasilkan Urine

Posted on

DosenPendidikan.Com – Urine atau yang biasa disebut juga dengan air seni yang dikeluarkan oleh seseorang terkadang terlihat bening, dan bahkan ada pula yang berwarna malah mengeluarkan aroma bau. Untuk warna air seni yang berwarna dan beraroma bau hal ini tergantung dari makanan dan minuman yang dikonsumsi beberapa waktu sebelumnya.

urine

Urine atau air seni yang dikeluarkan dari tubuh manusia merupakan hasil dari proses kerja pada organ tubuh manusia, organ ginjal telah melakukan proses kerja penyaringan dan penambahan zat sehingga dikeluarkan dalam bentuk urine.

Ada Tiga Proses Kerja Penting Yang Terjadi Pada Organ Ginjal Manusia

Penyaringan ( Filtrasi )

Proses penyaringan darah oleh ginjal terjadi pada bagian glomerulus, proses ini dapat menjadi lancar karena adanya sebuah tekanan dari hidrolik dan permeabilitas yang terbilang tinggi. Namun zat-zat yang larus dalam cairan darah seperti glukosa, asam amino, garam-garam dan urea akan menjadi endapan karena tidak tersaring oleh glomerulus.
Penyaringan darah pada glomerulus ini menghasilkan urine primer berupa filtrat glumerulus yang tidak mengandung protein, namun pada filtrat glumerulus masih ditemukan zat lain seperti asam amino, glukosa, natrium dan garam.

Penyaringan Ulang ( rebsorbsi )

Endapan glukosa, asam amino dan zat lainnya dalam cairan filtrat glumerulus akan disaring ulang kemabali sehingga menghasilkan urine sekunder. Zat yang masih diperlukan tubuh akan dikembalikan ke darah. Sedangkan sisanya aka dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine.

Penambahan Zat Sisa ( augmentasi )

Penambahan zat sisa seperti pigmen empedu dan bau urine hasil penyaringan ulang urine primer. Urine yang dikeluarkan oleh manusia mangandung 96% air, 1,5% garam, 2,5% urea dan ditambah dengan zat perwarna empedu.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Proses Kerja Ginjal Untuk Menghasilkan Urine┬ásemoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kujungannya. ­čÖé