“Intesitas” Definisi & ( Penerapan Gelombang Bunyi )

Posted on
“Intesitas” Definisi & ( Penerapan Gelombang Bunyi )
Rate this post

“Intesitas” Definisi & ( Penerapan Gelombang Bunyi )

DosenPendidikan.Com – Untuk kali ini kami akan membahas materi Intensitas, adapun yang akan kita bahas mengenai intesitas yakni pengertian intensitas, rumus intesitas bunyi, taraf intensitas bunyi dan juga penerapan gelombang bunyi, nah kalau begitu untuk lebih jelas simak saja ulasan dibawah ini.

"Intesitas" Definisi & ( Penerapan Gelombang Bunyi )

Definisi Intensitas

Dalam hal ini Intensitas didefinisikan sebagai energi yang dipindahkan tiap satuan waktu tiap satuan luas. Karena energi tiap satuan waktu kita ketahui sebagai pengertian daya. Maka intensitas bisa dikatakan juga dengan daya tiap satuan luas. Secara matematis intensitas dirumuskan sebagai berikut.

I = P/A

Keterangan:

  • I = Intensitas bunyi ( W/m2 )
  • P = energi tiap waktu atau daya ( W )
  • A = luas ( m2 )

Jika sumber bunyi memancarkan bunyi ke segala arah sama besar “Isotropik”, luas yang dimaksud sama dengan luas permukaan bola, persamaan intensitas dapat dinyatakan: I = P/4πR2. Taraf intensitas bunyi ialah logaritma perbandingan intensitas bunyi terhadap intensitas ambang, secara matematis taraf intensitas bunyi dituliskan sebagai berikut.

TI = 10 log I/Io

Keterangan:

  • TI = taraf intensitas bunyi (dB)
  •  I = intensitas bunyi (W/m2)
  • lo = intensitas ambang pendengaran manusia (10^-12 W/m2)

Untuk n buah sumber bunyi identik, misalnya ada n sirene yang dinyalakan bersama, maka besarnya taraf intensitas bunyi dinyatakan:

TIn = TI1 + 10 log n

Jika didengar di dua titik yang jaraknya berbeda, besar intensitas bunyi-bunyi di titik kedua bisa dinyatakan sebagai berikut:

TI = TI1 + 20 log (RA/RB)

Penerapan Gelombang Bunyi

Gelombang ultrasonik dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, antara lain pada kacamata tunanetra yang dilengkapi dengan alat pengirim dengan alat pengirim dan penerima ultrasonik, mengukur kedalaman laut dan alat kedokteran misalnya pada pemeriksaan USG “ultrasonografi”.

Manfaat cepat rambat bunyi dalam kehidupan sehari-hari yaitu cepat rambat gelombang bunyi dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengetahui siang dan malam, pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas dari pada siang hari karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari. Resonansi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan resonansi pada alat musik seperti seruling, gendang, benduk dan lain-lain.

Manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari, anata lain menentukan kedalaman laut yaitu pada dinding kapal bagian bawah dipasang sebuah sumber getaran (osilator), didekar osilator dipasang alat penerima getaran (hidrofon), melakukan survey geofisika, mendeteksi, menentukan lokasi dan mengklasifikasi gangguan di bumi atau untuk menginformasikan strukur bumi, mendeteksi lapisan batuan yang mengadung endapan minyak, prinsip pemantulan ultrasonik dapat digunakan untuk mengatur ketebalan pelat logam dan mendeteksi retak-retak pada struktur logam.

Demikianlah pembahasan mengenai “Intesitas” Definisi & ( Penerapan Gelombang Bunyi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

loading...