Jenis-Jenis Badan Usaha Dalam Bidang Sektor Ekonomi

Ekonomi hisam sam

DosenPendidikan.Com – Untuk secara garis besarnya didalam jenis badan usaha dapat dikategorikan berdasarkan lapangan usaha dan kepemilikan modal. Nah berikut ini penjelasan dari masing-masing dalam pembahasan dibawah ini.

usaha

Berdasarkan Jenis Usaha Dalam Bidang Sektor Ekonomi

Badan usaha yang ditinjau dari lapangan usahanya dikatagorikan menjadi 5 jenis yakni yang bergerak dibidang ekstraktif, industri, agraris, perdagangan dan juga jasa.

  • Badan usaha ekstraktif ialah merupakan badan usaha yang kegiatannya mengambil hasil dengan secara langsung sehingga menimbulkan manfaat tertentu misalnya pertambangan, perikanan laut, penebangan kayu dan pendulangan emas atau intan.
  • Badan usaha agraris ialah merupakan badan usaha yang kegiatannya mengolah alam sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih banyak misalnya pertanian, perikanan darat, peternakan dan perkebunan.
  • Badan usaha industri ialah suatu badan usah yang kegiatannya mengolah dari bahan mentah menjadi barang jadi yang siap untuk dapat dikonsumsi misalnya perusahan tekstil, industri logam, kerajinan tangan dan sebagainya.
  • Badan usaha perdagangan ialah merupakan suatu badan usaha yang kegiatannya menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen atau kegiatan atau jual beli misalnya grosir, pedagang eceran, supermarket, perusahaan ekspor impor dan sebagainya.
  • Badan usaha jasa ialah suatu badan usaha yang kegiatannya bergerak dalam bidang pelayanan jasa tertentu kepada konsumen misalnya asuransi, notaris, akuntan, bank dan lain-lain.

Pengelolaan Usaha

1. Usaha yang dikelola sendiri/perorangan

usaha yang dikelola sendiri merupakan usaha yang didasarkan atas kepemilikan modal secara tunggal.

  • Kelebihan
    – Pemilik bebas untuk mengatur dan mengelola usahnya
    – Semua hasil keutungan yang didapat dapat dinikmati sendiri
    – Rahasia perusahaan dapat terjamin
  • Kekurangan
    – Pada modal terbatas
    – Kemampuan padaa tenaga pengelola sangat terbatas
    – Terjadinya kesinambungan didalam usaha yang kurang terjamin
    – Semua resiko dapat ditanggung sendiri
2. Usaha Yang Di Kelola Kelompok
  • Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS )
    Badan usaha yang seluruh modalnya dimiliki oleh swasta dapat berbentuk perseorangan maupun persekutuan.
    contoh : perseroan terbatas, koperasi, persekutuan komanditer, firma dan sebagainya.
  • Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )
    Badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya milik negara yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan, BUMN bergerak disektor-sektor yang menguasai kebutuhan hidup orang banyak.
    contoh : perjan, perum dan persero.
  • Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD )
    Badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pemerintah daerah.
    contoh : Bank Jateng, Bank Jabar dan PDAM
  • Badan Usaha Campuran
    Badan usaha yang modalnya sebagian milik pemerintah dan sebagian milik swasta.
    contoh : persero yang dimana modal yang dimiliki oleh badan usaha ini adalah 51% atau lebih dimiliki pemerintah dan paling banyak yakni 49% dimiliki oleh swasta atau investor dan contoh lain : PT. Telkom, PT Angkasa Pura, dan PT BNI.

Demikianlah pembahasan mengenai Jenis-Jenis Badan Usaha Dalam Bidang Sektor Ekonomi ini semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan maupun juga pengetahuan bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Most popular articles related to Jenis-Jenis Badan Usaha Dalam Bidang Sektor Ekonomi
Shares