“Juru Bicara” Pengertian & ( Fungsi – Syarat – Peran )

Posted on

“Juru Bicara” Pengertian & ( Fungsi – Syarat – Peran )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai juru bicara yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, syarat dan peran, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Juru Bicara

Juru bicara atau yang biasa disebut juga dengan jubir merupakan seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk menerangkan kondisi atau situasi orang lain yang mengutusnya.

Peranan jubir dalam lembaga negara sangat penting untuk mewakili lembaga yang dipegangnya dalam konferensi pers, atau dalam melakukan wawancara dengan wartawan maupun media.

Atau dalam hal ini orang yang kerjanya memberi keterangan resmi dan sebagainya kepada umu, pembicara yang mewakili suara kelompok atau lembaga, atau juga sebagai penyambung lidah.

Fungsi Juru Bicara

Dalam hal ini salah satu fungsi juru bicara ialah menyampaikan informasi-informasi mengenai kebijakan-kebijakan dan kegiatan organisasinya kepada publik, baik masyarakat maupun media massa. Dengan maksud pihak yang bersangkutan memiliki perngetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai organisasi tersebut dengan harapa pemberi dukungan.

Peran Juru Bicara

Adapun peran juru bicara yang diantaranya yaitu:

  • Orang yang menguasai masalah yang didukung oleh data dan fakta sebagai bukti pendukung.
  • Sebelum tampil dan menyampaikan informasi kepada publik ia harus mengetahui secara lengkap konteks permasalahan yang terjadi berkaitan dengan organisasinya.
  • Bisa meyakinkan mana informasi yang pantas untuk disajikan menjadi informasi publik dan mana yang tidak boleh disampaikan.
  • Dan mengenai informasi publik itu harus berkaitan dengan undang-undang yang terkait.

Syarat Juru Bicara

Dalam hal ini seorang juru bicara harus memliki kemampuan dan berpengalaman dalam mengkomunikasikan program.

Sikap yang harus dimiliki seorang juru bicara ialah kewibawaan dalam memberikan pernyataan. Selain berwibawa, seorang juru bicara juga dituntut memiliki sikap yang tegas supaya pernyataan yang dikeluarkan tidak simpang siur.
Seorang juru bicara juga harus memiliki berwawasam luas dan pengetahuan yang cukup dalam bidang komunikasi politik.

Seorang juru bicara memberikan penyampaian komunikasi kepada khalayak lewat pemberitaan media, tentu pernyataan tersebut harus jujur apa adanya dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Seorang juru bicara juga memegang suatu kepercayaan dan amanat.

Demikianlah pembahasan mengenai “Juru Bicara” Pengertian & ( Fungsi – Syarat – Peran ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Baca Juga: