“Kalimat Aktif Transitif” Pengertian & ( Ciri – Contoh )

Posted on
“Kalimat Aktif Transitif” Pengertian & ( Ciri – Contoh )
5 (100%) 2 votes

“Kalimat Aktif Transitif” Pengertian & ( Ciri – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini kalimat digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan ada tidaknya unsur objek. Kalimat-kalimat tersebut disebut dengan kalimat aktif transitif dan kalimat aktif intransitif. Apakah itu kalimat aktif transitif dan apakah perbadaannya dengan kalimat aktif intransitive, nah artikel kali ini akan membahas mengenai kalimat aktif transitif beserta ciri dan contohnya, berikut ini penjelasanya.

"Kalimat Aktif Transitif" Pengertian & ( Ciri - Contoh )

Pengertian Kalimat Aktif Transitif

Kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya melakukan suatu tindakan langsung, nah pada kalimat transitif subjek melakukan tindakan tersebut terhadap objeknya, dengan kata lain, kalimat aktif transitif ini ialah kalimat aktif yang memerlukan objek.

Hal ini berbeda dengan kalimat aktif intransitif, meskipun baik kalimat aktif transitif dan intransitif keduanya memiliki subjek yang melakukan tindakan, tetapi subjek kalimat aktif intransitif tidak memerlukan sebuah objek. Hal ini dikarenakan biasanya kalimat aktif intransitif melakukan tindakan yang berpengaruh kepada dirinya sendiri. Sedangkan pada kalimat aktif transitif, subjek melakukan suatu tindakan atau interaksi terhadap hal, benda, atau orang lain.

Misalnya Kalimat berikut ini:

  • Andi menangis dengan sangat keras.
  • Andi menangisi Shinta karena kepergiannya yang tiba-tiba.

Kedua kalimat di atas sama-sama memiliki kata kerja menangis, tetapi pada kalinat pertama tidak ditemukan subjek sehingga disebut dengan kalimat aktif intransitif.

Sedangkan pada kalimat kedua kita bisa menemukan objek didalamnya, sehingga kalimat nomor dua ialah kalimat aktif transitif.

  • Andi >> S
  • Menangis >> P
  • Shinta >> O
  • Dengan sangat keras >> Ket

Dikarenakan memerlukan objek didalam kalimatnya, kalimat aktif transitif bisa dirubah ke dalam bentuk kalimat pasif yaitu suatu kalimat yang subjeknya dikenal tindakan oleh objek, sedangkan kalimat aktif intransitif tidak bisa dirubah ke dalam bentuk pasif.

Misalnya kalimat berikut ini:

Ibu menyiram tanaman yang ada di kebunnya setiap hari “aktif transitif”
S        P                  O              Pel                    K

Tanaman yang ada di kebun disiram oleh ibu setiap hari.

Objek tanaman pada kalimat diatas berubah posisinya menjadi subjek dan subjek ibu, berubah menjadi objek. Selain itu, imbuhan pada kata kerja meny- berubah menjadi di- yang menandakan kalimat tersebut ialah kalimat pasif.

Ciri-Ciri Kalimat Aktif Transitif

Kalimat aktif transitif memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut ini:

  • Kalimat aktif transitif memerlukan objek.
  • Kata kerja pada kalimat aktif transitif memiliki imbuhan me- atau menge-.
  • Kalimat aktif transitif bisa diubah bentuknya ke dalam bentuk kalimat pasif.

Contoh Kalimat Aktif Transitif

Setelah membaca pengertian dan ciri-ciri kalimat aktif transitif, kali ini ialah contoh kalimat aktif transitif, dengan begini bisa membuat kalian lebih dapat memahami apa itu kalimat aktif transitif.

  • Desi mengambil buku bahasa Indonesia di dalam tas merahnya.
  • Ibu mengajak Adik pergi ke pasar untuk membeli sayuran.
  • Danang memaafkan perbuatan Doni yang tidak sengaja Doni lakukan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Kalimat Aktif Transitif” Pengertian & ( Ciri – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...