“Kata Bilangan ( Numeralia )” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

Bahasa Indonesia hisam sam

“Kata Bilangan ( Numeralia )” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk kali kami akan mengulas mengenai kata bilangan (nurmeralia) yang dalam hal ini meliputi pengertian, jenis dan contohnya, agar lebih jelas,

"Kata Bilangan ( Numeralia )" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Dan untuk dapat memahaminya simak saja uraian berikut ini.

Pengertian Kata Bilangan (Numeralia)

Kata bilangan (numeralia) merupakan kata yang digunakan untuk menghitung banyaknya sesuatu (baik berupa benda, orang, binatang, barang maupun konsep).

Jenis Kata Bilangan

Dalam bahasa Indonesia, kata bilangan (numeralia) dikelompokkan menjadi dua jenis, dua jenis kata bilangan tersebut ialah kata bilangan takrif dan kata bilangan tak takrif, kalau begitu simak berikut ini.

Kata Bilangan Takrif

Kata bilangan takrif ialah kata bilangan yang digunakan untuk menyatakan jumlah. Kata bilangan takrif sebdiri terbagi menjadi dua macam yaitu: kata bilangan utama dan kata bilangan tingkat.

Kata Bilangan Utama (Kardinal)

Kata bilangan utama masih dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Kata Bilangan Penuh
    Yaitu kata bilangan utama yang menyatakan jumlah tertentu dan dapat berdiri sendiri tanpa bantuan kata lain. Contoh: satu, dua, tiga, tujuh, sepuluh, dua puluh dan seterusnya.
  • Kata Bilangan Pecahan
    Yaitu kata bilangan yang terdiri atas pembilang dan penyebut, dalam bahasa huruf kata bilangan pecahan dibubuhi partikel (per-). Contoh: 1/2 = satu perdua (setengah), 1/4 = satu perempat (seperempat), 3/4 = tiga perempat, 4/8 = empat perdelapan dan seterusnya.
  • Kata Bilangan Gugus
    Yaitu kata bilangan yang digunakan untuk menyebutkan kelompok jumlah satuan (benda, hal, dsb). Contoh: 1 gros = 144 (12 lusin), 1 lusin = 12 buah, 1 kodi = 20, 1 tahun = 12 bulan, 1 abad = 100 tahun, 1 milenium = 1000 tahun.
Kata Bilangan Tingkat

Yaitu kata bilangan yang melambangkan urutan. Contoh: kesatu, kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam, kesepuluh, keseratus dan seterusnya.

Kata Bilangan Tak Takrif

Kata bilangan tak takrif merupakan kata bilangan yang menyatakan jumlah yang tak tentu (tidak jelas). Contoh: beberapa, tiap-tiap, sebagian, separuh, segala, berbagai, segenap, sekalian, semua, seluruh, dan seterusnya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Kata Bilangan ( Numeralia )” Pengertian & ( Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Most popular articles related to “Kata Bilangan ( Numeralia )” Pengertian & ( Jenis – Contoh )
Shares