“Kata Depan ( Preposisi ) Pengertian & ( Ciri – Jenis – Fungsi – Contoh )

Posted on

“Kata Depan ( Preposisi ) Pengertian & ( Ciri – Jenis – Fungsi – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk kali ini kami akan bagi materi Bahasa Indonesia mengenai Kata Depan “Preposisi” yang dalam hal meliputi seperti pengertian, ciri, jenis, fungsi dan contoh, kalau begitu simaka saja uraian dibawah ini.

"Kata Depan ( Preposisi ) Pengertian & ( Ciri - Jenis - Fungsi - Contoh )

Pengertian Kata Depan (Preposisi)

Kata depan (preposisi) ialah berguna untuk menandai berbagai hubungan makna antara kata di depan preposisi dengan kata yang berada di belakang preposisi, secara sintaksis, preposisi diletakan sebelum kata benda, kata kerja atau kata keterangan.

Dalam hal ini aturan penulisan kata depan yaitu kata depan seperti “di”, “ke”, dan “dari” ditulis terpisah dengan kata-kata dibelakangnya kecuali untuk kata-kata yang sudah dianggap lazim sebagai satu kata, seperti kepada, daripada dan sebagai imbuhan seperti dipukul, dimakan dan lain-lain.

Contoh:

  • Disana – Benar
  • Disini – Salah
  • Ke sekolah – Benar
  • Kesekolah – Salah

Kata depan ditulis dengan hurup kecil jika digunakan di dalam kalimat sebagai judul.

Contoh: Berlayar Dari Samudera Indonesia Ke Samudera Hindia Dan Antartika – Salah dan Berlayar dari Samudera Indonesia ke Samudera Hindia dan Antartika – Benar.

Ciri-Ciri Kata Depan

Kata yang digunakan di muka kata benda untuk menghubungkan kata dengan klausa dengan klausa/kalimat dengan kalimat. Contoh kata depan:

  • Tempat berada: di, pada, dalam atas dan antara.
  • Arah asal: dari
  • Arah tujuan: ke, kepada, akan dan terhadap
  • Pelaku: oleh
  • Alat: dengan dan berkat
  • Perbandingan: dari pada
  • Hal/masal: tentang, mengenai
  • Akibat: hingga, sampai
  • Tujuan: untuk, buat, guna dan bagi
  • Demi dan menurut

Jenis-Jenis Kata Depan

Ada beberapa macam kata depan apa bila diklasifikasikan berdasarkan fungsi-fungsinya di dalam kalimat, berikut ini adalah jenis-jenis kata depan:

Kata Depan Sebagai Penunjuk Arah Asal

Kata depan yang menyatakan arah asal yaitu dari. Contoh: Pamanku datang dari kampung halaman membawa oleh-oleh untuk aku.

Kata Depan Sebagai Penunjuk Tempat Keberadaan.

Kata-kata depan yang menunjukan tempat keberadaan diantaranya ialah pada, di, dalam, antara, dan atas. Contoh: aku akan pergi bertamasya bersama ayah pada hari minggu.

Kata Depan Sebagai Penunjuk Pelaku

Kata depan yang digunakan untuk menunjukan pelaku ialah oleh. Contoh: Bunga itu ditanam oleh ibu di vas bunga.

Kata Depan Penunjuk Arah Tujuan

Kata depan yang digunakan untuk menunjukan arah tujuan diantaranya ialah kepada, akan, ke dan terhadap. Contoh: Ayah mengajakku pergi ke rumah nenek di Surabaya.

Kata Depan Penanda Alat Atau Cara

Kata depan yang digunakan untuk menandakan alat atau cara, diantaranya ialah dengan dan berkat. Contoh: Ayah memotong rumput di depan rumah dengan menggunakan gunting besar.

Kata Depan Penunjuk Suatu Permasalahan

Kata depan yang digunakan untuk menunjukan suatu permasalahan diantaranya ialah mengenai dan tentang. Contoh: Ibu bertanya kepadaku mengenai masalah yang tengah aku hadapi.

Kata Depan Penanda Hubungan Perbandingan

Kata depan yang digunakan untuk mendadakan hubungan perbandingan ialah daripada. Contoh: Shinta lebih tinggi 2 cm daripada Sonia.

Kata Depan Penanda Hubungan Sebab-Akibat

Kata depan yang digunakan untuk menandai hubungan sebab-akibat ialah hingga dan sampai. Contoh: Kemarau tahun ini sangat panjang hingga menyebabkan kekeringan.

Kata Depan Penunjuk Tujuan Atau Maksud

Kata depan yang digunakan untuk menunjukan tujuan atau maksud ialah untuk, baut, bagi dan guna. Contoh: Ayah bekerja keras untuk menghidupi keluarga tercintanya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Kata Depan ( Preposisi ) Pengertian & ( Ciri – Jenis – Fungsi – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: