“Kebutuhan Sekunder” Pengertian & ( Faktor – Contoh )

Posted on
“Kebutuhan Sekunder” Pengertian & ( Faktor – Contoh )
Rate this post

“Kebutuhan Sekunder” Pengertian & ( Faktor – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Dalam kebutuhan manusia, dalam hal ini kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga jenis yakni kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Untuk postingan kali kami akan membahas mengenai salah satu jenis kebutuhan manusia yakni kebutuhan sekunder.

Dalam hal ini adapun hal-hal yang akan dibahas pada kesempatan kali ini mengenai kebutuhan sekunder antara lain pengertian dari kebutuhan sekunder. Pada bagian ini bertujuan agar pembaca dapat mengerti apa definisi dari kebutuhan sekunder itu sendiri. Setelah membahas pengertian dari kebuthan sekunder yang selanjutnya akan mengulas mengenia contoh-contoh dari pengertian sekunder. Nah pada bagian ini akan menemui berbagai hal yang termasuk kebutuhan sekunder manusia, kalau begitu simak ulasannya berikut ini.

Sebagai seorang manusia tentunya memiliki rasa atau ambisi akan suatu hal dan ketika rasa ingin tersebut sudah tidaj dapat terbendung maka bagaimanapun juga kita harus membeli atau melakukan sesuatu agar membuat kita merasa lega. Dengan memahami pengertian, contoh dan faktor yang mendorong munculnya kebutuhan sekunder maka kita akan mengetahui apa itu kebutuhan sekunder.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dalam pemenuhannya dilakukan setelah semua kebutuhan primer sudah terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sendiri berperan sebagai kebutuhan pendamping atau penunjang kebutuhan primer yang dalam pemenuhannya tidak mendesak atau tidak harus terpenuhi karena tidak akan mengamcam keberlangsungan hidup manusia. Tetapi setiap manusia pasti tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan ini sebab jika kebutuhan ini tidak terpenuhi mungkin dapat menggangu kegiatan manusia.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan

Setiap manusia memiliki tingkat kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda, jika diteliti lebih dalam lagi maka akan terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut, dan berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan sekunder yaitu:

  • Perkembangan Zaman
    Zaman merupakan perputaran waktu yang sulit untuk diprediksi, perbedaan kebutuhan antara zaman dulu dan zaman sekarang sudah sangat terlihat. Jika orang zaman dulu dapat hidup tanpa smartphone maka pada era modern sekarang ini bisa dikatakan setiap orang memerlukan smartphone untuk membantu kelangsungan hidupnya. Seiring dengan perkembangan zaman menuntut manusia untuk mengikutinya dengan munculnya makanan yang bervariatif, tempat tinggal mewah dan lain sebagainya.
  • Lingkungan
    Lingkungan juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan setiap individu, bisa dikatakan setiap individu yang tinggal di lingkungan yang berbeda akan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda pula.
  • Adat Istiadat
    Tradisi atau adat istiadat merupakan perbedaan yang terdapat pada setiap suku bangsa, dengan adanya perbedaan adat istiadat ini tentunya menjadikan kebutuhan setiap individu berbeda pula.
  • Agama
    Agama juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan setiap individu, misalkan kebutuhan umat Islam dan umat Kristen sangat berbeda, umat Isalam diharamkan untuk memakan daging babi sedangkan umat kristen diperbolehkan.

Contoh Kebutuhan Sekunder

Setelah membahas pengertian dari kebutuhan sekunder sekarang waktunya untuk kita akan membahas tentang contoh-contoh dari kebutuhan sekunder. Ada banyak sekali kebutuhan sekunder, dibawah ini terdapat beberapa contoh dari kebutuhan ini antara lain kebutuhan akan hiburan seperti:

  • Olahraga,
  • Rekreasi,
  • Pariwisata,
  • Majalah,
  • Surat kabar.

Semua jenis kebutuhan pada umumnya penting bagi kehidupan serta penunjang kegiatan manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder ini pastinya akan mempermudah kegiatan manusia sehingga bisa hidup lebih baik.

Demikianlah pembahasan mengenai “Kebutuhan Sekunder” Pengertian & ( Faktor – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

loading...