“Kegiatan Ekonomi” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Contoh )

Posted on
“Kegiatan Ekonomi” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Contoh )
5 (100%) 1 vote

“Kegiatan Ekonomi” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai kegiatan ekonomi yang diman dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, macam dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi ialah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh manusia dengan sebuah tujuan agar bisa mendapatkan sebuah barang ataupun jasa. Dan bisa juga untuk diartikan sebagai sebuah kegiatan agar bisa mencapai sebuah kesejahteraan di dalam hidup.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Tujuan kegiatan ekonomi ialah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hidupnya terutama kebutuhan primer. Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan seseorang suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Macam-Macam Kegiatan Ekonomi

Nah berikut ini macam-macam kegiatan ekonomi yang diantaranya yaitu:

Kegiatan Produksi

Kegiatan ekonomi ini ialah sebuah kegiatan ataupun pekerjaan yang dapat menghasilkan barang atau produk dan jasa. Tujuan dari kegiatan produksi ini yakni untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Sedangkan tujuan pihak produsen sendiri yakni untuk mencari keuntungan atau laba dari kegiatan ini.

Contoh dari kegiatan produksi misalnya seperti: kegiatan membuat sepatu, kain atau pakaian, kue, motor, mobil dan lain sebagainya dengan tujuan untuk dipasarkan atau dijual. Atau seperti jasa yang menawarkan jasa sedot wc, pangkas rambut, perbaikan elektronik “servis”, jasa tukang kebun dan lain sebagainya.

Kegiatan Distribusi

Lalu kegiatan distribusi ialah sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk menyalurkan produk atau barang maupun menyalurkan jasa kepada para konsumen yang akan membeli produk atau memakai jasa tersebut tentunya mendistribusikannya dengan memakai cara tertentu.

Yang melakukan distribusi disebut dengan distribusi atau kita sering menyebutnya penyalur dan yang melakukan distribusi ini bisanya agen dan pedagang besar. Contoh dari pekerjaan distribusi misalnya seperti: agen surat kabar, agen tenaga kerja, agen yang menjual makanan dan lain sebagainya.

Kegiatan Konsumsi

Dan kegiatan konsumsi ialah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam memakai atau menggunakan suatu produk dan jasa yang diproduksi oleh produsen. Tujuan konsumen dari kegiatan ini yakni untuk memenuhi keperluan sehari-harinya atau kebutuhan hidupnya.

Contoh dari kegiatan ini misalnya seperti: kita makan diwarung nasi atau warteg, membeli cemilan di warung, membeli pakaian model terbaru di toko atau pasar, membeli gadget terbaru. Atau seperti menggunakan jasa pangkas rambut, berobat ke puskemas jika sakit, memakai jasa sedot wc, memakai jasa tukang kebun, memakai jasa servis elektronik dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Kegiatan Ekonomi” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...