“Konsumsi” Pengertian & ( Ciri – Contoh – Tujuan – Faktor Yang Mempengaruhi )

Posted on
“Konsumsi” Pengertian & ( Ciri – Contoh – Tujuan – Faktor Yang Mempengaruhi )
5 (100%) 1 vote

“Konsumsi” Pengertian & ( Ciri – Contoh – Tujuan – Faktor Yang Mempengaruhi )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai konsumsi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri, contoh, tujuan, dan faktor yang mempengaruhi, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

"Konsumsi" Pengertian & ( Ciri - Contoh - Tujuan - Faktor Yang Mempengaruhi )

Pengertian Konsumsi

Konsumsi merupakan kegiatan usaha manusia supaya dapat memenuhi kebutuhan barang atau bahkan juga kebutuhan jasa. Kegiatan konsumsi maksudnya atau artinya merupakan kegiatan manusia untuk menggunakan barang maupun jasa secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan.

Orang yang menjalankan kegiatan konsumsi dikatakan sebagai konsumen, misalnya membeli pakaian karena ingin menjaga tubuh, menjauhkan rasa malu dan ingin memperoleh kepuasan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang konsumsi mari lihat berikut ini.

Ciri-Ciri Kegiatan Konsumsi

Adapun untuk ciri-ciri kegiatan konsumsi yang diantaranya yaitu:

  • Barang yang digunakan dalam kegiatan konsumsi merupakan barang konsumsi.
  • Ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan.
  • Barang yang dipergunakan akan habis atau berkurang.

Tujuan Kegiatan Konsumsi

Tujuan kegiatan konsumsi ada empat yaitu:

  • Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap.
  • Menghabiskan nilai guna barang sekaligus.
  • Memuaskan kebutuhan secara fisik.
  • Memuaskan kebutuhan rohani.

Dapat disimpulkan bahwa tujuan konsumsi secara umum ialah untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kepuasan yang maksimal supaya tercapai kemakmuran, kesejahteraan dan kehidupan yang layak.

Contoh Kegiatan Konsumsi

Adapun kegiatan konsumsi diantaranya yaitu:

  • Iwan makan roti “berarti iwan menghabiskan barang untuk memenuhi kebutuhan”.
  • Dini menggunakan lampu untuk belajar “berarti dini mengurangi guna barang karena lampu tersebut berangsur-angsur akan habis pakai dan suatu saat lampu akan padam atau tidak dapat menyala lagi.

Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi

Adapun faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi diantaranya yaitu:

Tingkat Pendapatan

Makin tinggi tingkat pendapatan suatu rumah tangga akan semakin tinggi pula tingkat konsumsinya, sebaliknya jika pendapatannya kecil, konsumsinya pun kecil.

Tingkat Harga

Banyak sedikitnya barang yang akan dikonsumsi sangat bergantung pada harga, dengan kata lain konsumsi dikurangi pada waktu harga tinggi dan konsumsi dapat ditingkatkan jika harga lebih rendah.

Sikap Dan Gaya Hidup

Sikap dan gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi tingkat konsumsi, jika sikap dan gaya hidupnya boros ia cenderung berperilaku konsumtif, yakni kebiasaan untuk membelanjakan semua uang untuk membeli barang, padahal barang tersebut belum tentu bermanfaat.

Adat Istiadat

Adat istiadat juga bisa mempengaruhi konsumsi, misalnya untuk upacara tradisional diperlukan barang-barang tertentu.

Model Barang

Model barang yang sedang tren dapat mempengaruhi perilaku masyarakat dalam konsumsi.

Kegiatan Berkompetisi Dengan Konsumen Lain

Barang substitusi jika seorang konsumen memiliki hasrat atau keinginan berkompetisi dengan konsumen lainnya, biasanya konsumsinya besar. Artinya konsumen yang dilakukan bukan berdasarkan skala prioritas kebutuhan, melainkan menurut konsumen lain.

Selera Konsumen

Selera konsumen setiap orang berbeda-beda, orang Jawa dan orang Sunda memiliki selera yang berbeda dalam hal makanan, adanya perbedaan selera jelas akan mempengaruhi konsumsi masyarakat terhadap barang dan jasa.

Demikianlah pembahasan mengenai “Konsumsi” Pengertian & ( Ciri – Contoh – Tujuan – Faktor Yang Mempengaruhi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Baca Juga:

loading...