Macam – Macam Demokrasi Indonesia Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Ada beberapa jenis demokrasi, tetapi hanya ada dua bentuk dasar demokrasi. Kedua demokrasi mendefinisikan tentang cara semua orang yang untuk menjalankan keinginannya. Bentuk pertama dari demokrasi adalah demokrasi langsung, yaitu bahwa semua warga Negara dapat berpartisipasi secara langsung dan aktif untuk pengambilan sebuah keputusan pemerintah, Dan bentuk demokrasi yang ke dua adalah demokrasi tidak langsung.  Sebagai warga Negara kita harus tau apa itu demokrasi, apa itu tujuan demokrasi dan mengapa demokrasi itu di adakan. Karena demokrasi sudah banyak di terapkan juga di Negara lain di luar sana.

Macam - Macam Demokrasi

Macam – Macam Demokrasi Indonesia 

Demokrasi didasarkan pada distribusi masyarakat dibagi menjadi dua, yaitu :

Demokrasi Langsung

Adalah pengambilan keputusan demokratis atau kebijakan dengan mengumpulkan semua orang yang relevan di daerah dengan keputusan yang diminta, demokrasi digunakan oleh orang-orang dari yunami kuno.

Demokrasi Tidak Langsung

Apakah suara demokrasi rakyat mereka diwakili oleh wakil-wakil yang dipilih langsung rakyat dengan cara pemilihan. salah satu negara yang menerapkan demokrasi ini adalah negara Indonesia.

Dilihat Dari Hubungan Antara Aparatur Negara

Demokrasi Perwakilan Dengan Sistem referendum

  • Yang merupakan salah satu jenis demokrasi di mana rakyat memilih wakil-wakil untuk melayani di parlemen, tetapi masih dikendalikan oleh pengaruh orang-orang.

Demokrasi Sistem Parlementer

  • Demokrasi perwakilan di mana adanya hubungan yang kuat antara eksekutif dan legislatif. Ciri utama suatu negara mengadopsi sistem parlementer adalah sistem pemerintahan parlementer.

Demokrasi Sistem Pemisahan Kekuasaan

  • Adalah demokrasi perwakilan yang terpisah dari kantor legislatif eksekutif, sehingga keduanya tidak terkait langsung dengan sistem seperti demokrasi parlementer. Menteri yang ditunjuk oleh presiden bertanggung jawab untuk presiden. Presiden berfungsi sebagai Kepala Negara dan pemerintahan. Presiden dan menteri tidak tergantung pada parlemen dan parlemen tidak memiliki hak untuk memberhentikan presiden.

Demokrasi Sistem Referendum Dan Inisiatif

  • Yang dimaksud adalah kombinasi dari demokrasi perwakilan dengan demokrasi langsung. Masih ada badan perwakilan, tapi masih dikendalikan oleh orang-orang, baik melalui referendum yang sifatnyat fakultatif atau Wajib.

Dilihat Dan Didasarkan Pada Prinsip Ideologi

Demokrasi Pancasila

  • Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berasal dari nilai-nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia dengan konsensus yang didasarkan pada kepentingan publik. Demokrasi Pancasila berasal dari Indonesia.

Demokrasi Liberal

  • Demokrasi Liberal adalah sistem demokrasi berdasarkan kebebasan individu, individu. Demokrasi liberal dengan komunis disebut demokrasi kapitalis, dan karena itu dalam melaksanakan demokrasi liberal ini para kapitalis selalu memperoleh kemenangan karena pengaruh uang dalam rangka untuk mengendalikan opini publik atau pandangan publik. Demokrasi liberal ini dianut oleh negara-negara Amerika dan Eropa Barat.

Demokrasi Rakyat

  • Demokrasi Rakyat adalah demokrasi yang melihat manusia sebagai alat untuk disempurnakan. Dalam demokrasi ini rakyat, manusia dianggap sebagai alat atau mesin yang secara otomatis dapat diubah, dididik dan dibentuk untuk kemudian menjadi manusia yang sempurna. Demokrasi rakyat yang dianut oleh negara-negara komunis, misalnya Rusia, Cina dan lain-lain.

Demokrasi Fasisme dan Nazisme

  • Demokrasi Fasisme dan Nazisme adalah demokrasi yang pemerintahan otoriter. Dalam hal ini hanya diktator demokrasi yang dapat bertindak sebagai wakil rakyat, diktator menganggap dirinya sebagai eksponen dari orang karena dia bisa tahu isi hati yang terkandung di hati rakyat. Fasisme demokrasi dan Nazisme telah diadopsi oleh Italia selama Mussolini dan Hitler Jerman di masa depan.

View Post Kewarganegaaraan Lainya :

Demikian Pembahasan Tentang Macam – Macam Demokrasi Indonesia Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀