Macam - Macam Gaya Renang
Macam - Macam Gaya Renang

Macam – Macam Gaya Renang Yang Diperlombakan

Posted on
Macam – Macam Gaya Renang Yang Diperlombakan
4.25 (85%) 4 votes

Macam – Macam Gaya Renang Yang Diperlombakan – Berenang adalah gerakan ketika bergerak di dalam air. Kolam ini biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat digunakan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang sambil bergerak dari satu tempat ke tempat lain di dalam air, memancing, mandi, atau melakukan olahraga air.

Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, danau, dan laut sebagai bentuk rekreasi. Latihan renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh yang digunakan saat berenang.

Macam - Macam Gaya Renang
Macam – Macam Gaya Renang

Gaya renang adalah cara melakukan lengan dan gerakan kaki mengikuti koordinasi gerakan yang memungkinkan orang untuk berenang maju dalam air. Namun, kita juga bisa berenang hanya dengan menggerakkan kedua kaki sementara tangan tetap diam, atau hanya dengan tangan sementara kaki tetap diam. Cara berenang seperti begitu akan mrngakibatkan cacat fisik dan lumpuh.

Selain empat jenis gaya renang yang dipertandingkan (gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu), masih dikenal variasi. Dalam perlombaan dari kolam renang adalah istilah yang mengacu pada urutan gaya renang yang harus dilakukan. Dalam nomor renang gaya ganti perorangan, perenang memulai dengan kupu-kupu, diikuti oleh gaya punggung, dada, dan berakhir dengan gaya bebas.

Berikut Adalah Macam – Macam Gaya Renang :

Gaya Bebas

Gaya Bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua tangan bergantian bergerak maju dengan gerakan mengayuh, sementara kedua kaki secara bergantian dicambukkan berfluktuasi naik dan turun. Saat berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.

Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Saat mengambil napas, perenang bisa memilih untuk berbelok ke kiri atau kanan. Dibandingkan dengan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh lebih cepat di dalam air.

Gaya bebas adalah gaya yang tidak terikat dengan teknik dasar tertentu. Freestyle dilakukan dengan berbagai gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat pergi di dalam air. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa digunakan oleh beberapa orang, terlatih dan pemula dengan baik.

Gaya Dada

Gaya Dada adalah yang paling populer gaya kolam renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat keluar dari air untuk waktu yang lama. Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu tetap.

Kedua tendangan kaki ke luar, sementara kedua tangan diluruskan di depan. Kedua tangan dibuka ke samping seperti gerakan melalui air dalam rangka memajukan lebih cepat tubuh ke depan.

Gerakan tubuh meniru gerakan katak berenang disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan saat mulut berada di permukaan air, setelah gerakan satu kali tangan-kaki atau gerakan tangan dua kaki.

Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Di antara tiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional, perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat.

Gaya punggung

Gaya punggung, berenang dengan posisi punggung menghadap permukaan air. Posisi wajah berada di atas air sehingga orang mudah mengambil napas. Namun perenang hanya dapat melihat dan tidak bisa melihat ke depan. Selama perlombaan, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Dalam gaya punggung, lengan dan gerakan kaki yang mirip dengan gaya bebas, namun posisi tubuh terlentang di dalam air. Kedua tangan bergantian bergerak menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung keluar dari air sehingga mudah mengambil atau menghembuskan napas dengan mulut atau hidung.

Selama perlombaan, berbeda dari sikap awal gaya bebas, gaya dada, dan kupu-kupu semua dilakukan pada blok awal, perenang gaya punggung mulai dari kolam renang. Perenang menghadap dinding kolam dengan kedua tangan memegang pegangan besi. Kedua lutut ditekuk di antara lengan, sementara kedua kaki bertumpu pada dinding kolam.

Gaya punggung berenang gaya yang telah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali berlari di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung adalah yang tertua gaya renang diperlombakan setelah gaya bebas.

Gaya Kupu Kupu

Gaya Kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap permukaan air.Kedua lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan pindah ke luar sebelum berayun ke depan. Sementara kedua kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba.

Dihembuskan kedap udara dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara yang dihirup melalui mulut ketika kepala keluar dari air. Gaya kupu-kupu diciptakan tahun 1933, dan merupakan yang paling baru.

Berbeda berenang gaya gaya lain berenang, perenang pemula yang belajar kupu-kupu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempelajari gerakan koordinasi tangan dan kaki.

Gaya kupu-kupu berenang juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang. Kecepatan berenang kupu-kupu ayunan yang diperoleh dari kedua tangan secara bersamaan.

Tercepat perenang kupu-kupu bisa berenang lebih cepat dari gaya bebas. Dibandingkan dengan gaya berenang lainnya, gaya kupu-kupu  tidak bisa menutupi teknik gerakan yang buruk dengan tenaga yang lebih besar.

Lihat Artikel Lainya :

Demikian Ulasan Tentang Macam – Macam Gaya Renang Yang Diperlombakan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Sahabat Setia DosenPendidikan.Com Amin … 😀