“Mahkamah Agung” Pengertian & ( Tugas – Fungsi – Wewenang – Susunan )

Posted on

“Mahkamah Agung” Pengertian & ( Tugas – Fungsi – Wewenang – Susunan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Mahkamah Agung yang dimana dalam hal ini meliputi tugas, fungsi, wewenang, dan susunan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Mahkamah Agung

Mahkamah agung atau sering disingkat dengan MA ialah sebuah lembaga tertinggi didalam sistem tata negara Republik Indonesia dalam kekuasaan kehakiman. Mahkamah agung merupakan sebuah lembaga tinggi yang membawahi berbagai badan peradilan. Badan-badan peradilan tersebut antara lain seperti peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer dan peradilan tata usaha negara.

Di Negara Republik Indonesia ini, Mahkamah Agung merupakan lembaga tinggi dalam kekuasaan kehakiman yang bersama dengan Mahkamah Konstitusi. Lembaga tinggi negara di bidang kehakiman ini ialah salah satu lembaga yang bebas dari berbagai macam cabang kekuasaan lembaga lainnya. Dengan demikian maka Mahkamah Agung ini berdiri sendiri dan bebas dari intervensi lembaga manapun.

Tugas Atau Fungsi Mahkamah Agung

Adapun tugas atau fungsi Mahkamah Agung ialah sebagai berikut:

  • Melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan dalam menjalan kekuasaan kehakiman.
  • Mengawasi tingkah laku dan perbuatan para Hakim di semua lingkungan peradilan dalam menjalankan tugasnya.
  • Mengawasi dengan cermat semua perbuatan para hakim di semua lingkungan peradilan.
  • Untuk kepentingan negara dan keadilan Mahkamah Agung memberi peringatan, teguran dan petunjuk yang dipandang perlu baik dengan surat tersendiri, maupun dengan surat edaran.

Wewenang Mahkamah Agung “Dalam Lingkungan Peradilan”

Adapaun wewenang Mahkamah Agung “dalam lingkungan peradilan” ialah sebagai berikut:

  • Memeriksa dan memutus permohonan kasasi, “terhadap putusan Pengadilan Tingkat Banding atau Tingkat Terakhir dari semua Lingkungan Peradilan”.
  • Memeriksa dan memutus sengketa tentang kewenangan mengadili.
  • Memeriksa dan memutus permohonan peninjauan kembali putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  • Menguji secara materiil hanya terhadap peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang.
  • Meminta keterangan tentang hal-hal yang bersangkutan dengan teknis peradilan dari semua Lingkungan Peradilan.
  • Memberi petunjuka, teguran atau peringatan yang dipandang perlu kepada Pengadilan di semua Lingkungan Peradilan, dengan tidak mengurangi kebebasan Hakim dalam memeriksa dan memutus perkara.
  • Memeriksa dan memutus permohonan peninjauan kembali pada tingkat pertama dan terakhir atas putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Susunan Mahkamah Agung Di Indonesia

Menurut pengertian Mahkamah Agung yang mana merupakan lembaga tinggi yang berperan dalam hal kehakiman, maka keputusan yang dihasilkan oleh lembaga tinggi negara ini bebas dari intervensi pihak manapun. Mahkamah merupakan sebuah lembaga tertinggi bidang kehakiman yang berada di Indonesia yang berwenang memberi keputusan final suatu masalah atau perkara. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka Mahkamah Agung terdiri dari struktur organisasi yang rapi.

Dalam pengertian Mahkamah Agung sebagai lembaga tinggi negara, maka dalam lembaga ini terdapat sebuah struktur yang jelas. Susunan pengurus Mahkamah Agung di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini terdiri dari pimpinan, hakim anggota, kepaniteraan Mahkamah Agung dan sekertariat Mahkamah Agung. Dengan adanya susunan kepengurusan Mahkamah Agung yang jelas ini, maka akan mempermudah kinerja Mahkamah Agung sebagai lembaga kehakiman tertinggi di Negara Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai “Mahkamah Agung” Pengertian & ( Tugas – Fungsi – Wewenang – Susunan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: