“Majas Ironi” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

Posted on

“Majas Ironi” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

DosenPendidikan.Com – Apa yang dimaksud dengan majas ironi..?? sebagaimana yang sering ditemukan dalam pelajaran bahasa Indonesia, ironi ialah nama salah satu majas. Dalam karya sastra kalimat bermajas ironi sering digunakan untuk memperkaya khasanah gaya bahasa sastra tersebut, majas ini tentu saja memiliki.

Perbedaan dengan majas lainnya yakni dalam hal pemilihan kita dan penyampaian makna ketika diterapkan dalam kalimat. Hal ini menjadi faktor yang penting untuk diketahui agar kita dapat menerapkan majas ini dengan tepat. Untuk tujuan inilah menghadirkan materi ini untuk kalian yang ingin memahami dan membuat kalimat majas ironi. Dalam artikel ini pengertian majas ironi akan dibahas secara lengkap. Selain itu, beberapa contoh majas ironi juga akan diberikan untuk membantu pemahaman, kalau begitu simak dibawah ini.

Pengertian Majas Ironi

Ironi berasal dari kata Yunani “eironeia” yang berarti “pura-pura tidak tahu”, dalam bentuk majas, ironi ialah majas yang menyatakan makna yang bertentangan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan sindiran. Majas ironi melakukannya dengan cara menyatakan sebaliknya dari apa yang sebenarnya yang dimaksud.

Dengan kata lain, ironi itu bersifat menyembunyikan dan menutup-nutupi. Ironi merupakan penggunaan kata-kata yang berbeda dan apa yang ditulis atau diucapkan. Ironi dapat dikatakan sebagai praktik kepura-puraan karena menyembunyikan makna sebenarnya. Makna yang dimaksud berlawanan dengan apa yang dikatakan, ironi dapat bersifat halus tetapi dapat juga menyatakan makna yang kasar, majas ironi digolongkan sebagai salah satu majas pertentangan atau majas sindiran.

Contoh Penggunaan Majas Ironi

Adapun contoh penggunaan majas ironi sebagai berikut:

  • Kamu memang pintar mendustai kepercayaanku, lagi.
  • Pemerintah sekarang telah sukses menaikkan harga-harga bahan pokok.
  • Rajin sekali kau, jam sembilan baru datang ke sekolah.
  • Tulisan rapi sekali, apa kau baru belajar menulis?
  • Keluarga itu rukun sekali, hampir tiap hari tak pernah absen beradu mulut.
  • Hidup andin begitu bahagia, menjadi pemulung setelah pulang sekolah.
  • Badanmu kekar sekali, hanya berbalutkan tulang belulang.
  • Penampilannya sangat menakjubkan smeua penonton mengantuk mendengarnya.
  • Dia sangat beruntung mempunyai pasangan yang hampir setiap hari membuat ia sedih.
  • Sungguh kalian luar biasa, hanya dua dari delapan soal yang dijawab dengan benar.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Ironi” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: