“Majas Klimaks” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

Posted on
“Majas Klimaks” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )
5 (100%) 1 vote

“Majas Klimaks” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai majas klimaks yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian serta contoh kalimat, nah agar dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Majas Klimaks

Klimaks menandakan sesuatu yang memuncak, sampai pada puncak suatu hal. Majas kalimaks merupakan anggota kelompok majas penegasan yakni kelompok majas yang menggunakan kata-kata penegasan untuk meningkatkan kesan makna dari gagasan, ide, opini, kata yang ingin diutarakan.

Dalam kalimat majas klimaks mengutarakan maksud dengan mengatakan kata-kata yang berturut-turut yang memiliki hubungan herarki, dari yang sederhana menjadi yang lebih kompleks. Penyusunan gagasan dalam suatu kalimat yang bertahap dari yang laing simle sampai ke puncaknya paling kompleks merupakan ciri khas dari majas klimaks.

Tahapan atau urutan kata yang digunakan dalam kalimat ini merupakan kata-kata yang berada pada satu rumpun atau kelompok suatu proses atau golongan. Penggunaan gaya bahasa yang demikian mampu memikat kesan dari lawan bicara atau pembaca.

Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar atau bahkan menggunakan kalimat klimaks untuk mengutarakan maksud. Oleh karenanya untuk memahami lebih lanjut mengenai majas klimaks berikut diuraikan beberapa contoh yang dapat menambah pemahaman tentang majas klimaks.

Contoh Kalimat Majas Klimaks

Adapun contoh kalimat majas klimaks yaitu:

  • Ajang pencarian penyanyi dangdut itu diikuti oleh semua kalangan dari yang muda sampai yang tua.
  • Baik kalangan bawah, menengah, sampai kalangan atas mengeluhkan kenaikan yang terjadi pada harga kebutuhan pokok rumah tangga.
  • Rakyat harus pandai dalam memilih pemimpin, karena mulai dari pemimpin desa, kota, gubernur, DPR, MPR dan Presiden itu semua berada di tangan rakyat.
  • Manusia mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan semasa hidupnya mulai dari kandungan, bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan usia lanjut.
  • Perkembangan arsyi telah melewati masa tengkurap, merangkap, duduk, berdiri dan berjalan, tak terasa waktu begitu cepat.
  • Sejarah manusia mengisahkan perkembangan kehidupan manusia pada masa itu dimulai dari zaman batu, berburu, bercocok tanam dan industri.
  • Setiap manusia memiliki warna kulit yang berbeda, gen warna kulit manusia dipengaruhi oleh melanin yang mempengaruhi warna kulit manusia menjadi putih, kuning langsat, cokelat dan hitam.
  • Indonesia merupakan penyumbang oksigen ketiga di dunia. Hal ini karena Indonesia kaya akan tumbuhan herba, semak, perdu dan pohon yang menghasilkan oksigen untuk kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernafas.
  • Petani, buruh, karyawan dan pengusaha ialah penggerak roda ekonomi dalam negeri kita.
  • Halaman parkir dipenuhi oleh sepeda, becak, motor dan mobil orang-orang yang akan melaksanakan sholat jum’at.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Klimaks” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...