“Majas Litotes” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

Posted on
“Majas Litotes” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )
5 (100%) 1 vote

“Majas Litotes” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

DosenPendidikan.Com – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia tentang majas, litotes ialah sejenis majas diantara majas-majas lainnya. Fungsinya sama dengan majas pada umumnya yakni menghadirkan bentuk retoris sebagai salah satu unsur gaya bahasa dalam suatu karya sastra, meskipun begitu majas litotes tentu saja berbeda dengan majas lainnya diantaranya ialah ketika akan diterapkan dalam kalimat.

Maka dari itu pengetahuan tentang majas litotes sangat penting agar kita tidak salah menerapkan majas dalam kalimat. Untuk tujuan inilah maka kami akan memberikan ulasan tentang majas litotes. Secara terperinci, pembahasannya terdiri dari pengertian majas litotes dan contoh majas litotes, kalau begitu simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Majas Litotes

Majas litotes merupakan majas yang melukiskan keadaan dengan kata-kata yang berlawanan artinya dengan kenyataan yang sebenarnya guna meredahkan diri, padahal maksudnya tinggi.

Atau dalam pengertian yang lain litotes ialah majas yang mengecilkan suatu hal yang positif menjadi negatif atau dalam kata lain mengecilkan kenyataan yang sebenarnya.

Majas litotes merupakan majas pertentangan yang bertujuan mempengaruhi orang lain dengan cara merendahkan diri. Dalam pengungkapannya, majas litotes mengurangi atau melemahkan kenyataan yang sebenarnya. Litotes dapat diartikan sebagai ungkapan berupa mengecilkan fakta. Hal ini biasanya untuk menjaga kesopanan atau menghaluskan.

Contoh Majas Litotes

Adapun contoh majas litotes sebagai berikut:

  • Aku ini hanya anak baru yang belum tahu apa-apa disini, tak bisa dibandingkan dengan para senior yang telah banyak makan asam garam di organisasi ternama ini.
  • Mari mampir sejenak untuk sekedar menikmati hidangan desa!!
  • Meskipun gaji sebulanku hanya cukup untuk makan, tapi aku bahagia menjalani profesi ini.
  • Aku membelinya di salah satu toko pusat perbelanjaan kota, semoga kamu suka hadiah murah dariku ini.
  • Sudikah kiranya saudara-saudara mendengar keluhan dari orang tak berada seperti saya ini?
  • Saya hanyalah orang biasa dan berasal dari kampung, apakah pantas bersanding dengan anda?
  • Aku ini hanyalah buruk pabrik miskin, pendapatanku dibawah rata-rata.
  • Silahkan kepada rekan-rekan sekalian untuk menyampaikan pendapat, dari tadi aku terus yang berbicara, memangnya siapa diriku ini?
  • Janganlah kau sebut aku ini sebagai peternak sukses, akau hanya seorang tukang kambing dari kampung.
  • Kalau ada waktu, mampirlah ke gubuk milik kami di seberang jalan itu.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Litotes” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...