“Majas Metafora” Pengertian & ( Ciri – Macam – Contoh )

Posted on

“Majas Metafora” Pengertian & ( Ciri – Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai majas metafora yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, macam dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Majas Metafora

Majas metafora ialah majas yang melukiskan sesuatu dengan perbandingan langsung dan tepat atas dasar sifat yang sama atau hampir sama. Dalam pengertian yang lain, majas metafora ialah pemakaian kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.

Ciri Majas Metafora

Untuk ciri majas ini ialah menggunakan kata-kata kiasan dan terdapat pilihan kara yang menyamakan sesuatu dengan sesuatu yang lain. Dalam menyamakan atau membandingkan sesuatau, majas metafora menggunakan perbandingan langsung tanpa diikuti kata pembanding seperti, bagai, bak, atau laksana. Majas metafora itu sendiri masuk dalam kategori majas perbandingan.

Macam Majas Metafora

Para pakar linguistik sepakat mengatakan bahwa majas metafora sebagai “ratu” nya najas hal ini karena banyak majas lain yang pembentukannya berawal dari majas metafora. Orrecchioni membagi majas metafora menjadi dua “dilihat dari pembentukannya” sebagai berikut:

Majas Metafora In Praesetia

Pada majas jenis ini apa yang hendak dibandingkan disandingkan bersamaan dengan pembandingnya, sehingga maknanya sangat eksplisit.

Contoh:

Harlin adalah kembang desa di desa ini

Pada kalimat ini secara terang-terangan mengungkapkan bahwa Harlin adalah gadis yang paling cantik di desa tersebut.

Majas Metafora In Absentia

Berbeda dengan kelompok sebelumnya, majas metafora in absentia mengungkapkan sesuatu secara implisit. Perbandingan tidak merujuk objek yang sedang dibicarakan. Sehingga terkadang bingung dengan maksud dari pembicaraannya.

Contoh :

Para lelaki di desa takjub akan kepintaran bunga desa itu.

Contoh Majas Metafora

Untuk membantu pemahaman tentang majas matafora, berikut ini kami uraikan beberapa contoh maja metafora yaitu:

  • Perasaan Rini sejernih embun pagi
    Contoh ini merupakan majas metafora yang menyamakan perasaan Rini dengan jernihnya embun pagi.
  • Dia itu setan terkutuk
    Pada contoh diatas perasaan dan hidup “Dia” diumpamakan dengan “Setan terkutuk”.
  • Sampah masyarakat itu akhirnya berada dipenjara
    Termasuk majas metafora yang menyamakan “kriminal” dengan “sampah masyarakat”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Metafora” Pengertian & ( Ciri – Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: