“Majas Paradoks” Pengertian & ( Ciri – Contoh )

Posted on
“Majas Paradoks” Pengertian & ( Ciri – Contoh )
5 (100%) 1 vote

“Majas Paradoks” Pengertian & ( Ciri – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai majas paradoks yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Majas “Gaya Bahasa” ialah pemanfaatn kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuah sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis. Majas digunakan dalam penulisan karya sastra, termasuk di dalamnya puisi dan prosa. Umumnya puisi dapat mempergunakan lebih banyak majas dibandingkan dengan prosa. Dan dibawah yang dimana merupakan salah satu jenis maja, kalau begitu simak selengkapnya.

Pengertian Majas Paradoks

Paradoks berasal dari bahasan Yunani yang dimana berarti suatu pendapat yang bertentangan. Majasa ini merupakan kelompok majas pertentangan yang menyatakan dua hal yang saling berbeda. Ciri khas yang membedakan majas paradoks dengan majas pertentangan lainnya ialah dalam majas ini mengungkapkan dua hal yang saling bertentangan dalam satu kalimat namun kedua hal tersebut menyatakan suatu kebenaran.

Paradoks merupakan kalimat opini atau argumen atau pernyataan yang berlawanan dengan pendapat umum, yang sehingga terdengar aneh. Beberapa ahli mengatakan bahwa paradoks merupakan kalimat oposisi yang dimana mengandung kalimat salah sanum juga benar. Sehingga seringkali memiliki makna yang mengherankan bagi lawan bicara. Kalimat paradoks menyembunyikan kebenaran yang dapat dipertahankan.

Contoh Penggunaan Majas Paradoks Dalam Kalimat

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari kita sering menemukan kalimat-kalimat yang menggunakan majas paradoks. Kalimat-kalimat opini atau argumen atau pernyataan biasanya menggunakan gaya bahasa paradoks. Berikut ini contoh kalimat dengan gaya bahasa paradoks yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  • Kenaikan dollar berimbas pada penurunan kesejahteraan rakyat.
  • Meski cuaca panas tapi pikiran harus tetap dingin.
  • Di tengah-tengahy terpaan angin puting beliung hatinya tetap tenang.
  • Kegigihannya mencapai mimpi membuat ia lupa akan sakit yang ia rasakan.
  • Usianya memang sudah tua namun semangatnya tak kalah dengan kaum muda.
  • Tokonya ramai dikunjungai banyak konsumen namum keuntungannya masih sepi.
  • Setelah sekian lama menjanda tak membuat wanita itu kesepian.
  • Telinganya telah tuli terhadap teriakan-teriakan rakyat.
  • Tubuhnya yang renta tak menyurutkan.
  • Gemerlap dunia hiburan yang ia tekuni tak membuat ia lepas dari rasa kesepian.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Paradoks” Pengertian & ( Ciri – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...