“Majas Pars Pro Toto” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

Posted on
“Majas Pars Pro Toto” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )
3.5 (70%) 2 votes

“Majas Pars Pro Toto” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai majas pars pro toto yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian serta contoh kalimat, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Majas Pars Pro Toto

Majas paras pro toto merupakan bagian dari majas sinekdoke yakni majas yang menyatakan maksud dengan mengungkapkan sebagian dari objek untuk mewakili keseluruhan objek. Pembagian majas sinekdoke didasarkan pada bentuk dan penggunaan kata yang digunakan untuk mengungkapkan maksud atau gagasan dari suatu ide.

Sinekdoke sendiri digolongkan ke dalam majas pertautan dilihat dari makna yang disampaikan. Majas sinekdoke memiliki acuan makna dari kata yang digunakan yang dapat mewakili perasaan atau sesuatu yang melekat pada objek tersebut.

Paras pro toto berasal dari bahasa latin yang berati sebagian untuk keseluruhan objek. Gaya bahasa pars pro toto mengungkapkan maksud dengan menyebut hanya bagian dari suatu objek yang menunjuk pada arti keseluruhan objek. Dalam hal ini gaya bahasa pars pro toto mengungkapkan “ikon” dari suatu objek yang dapat mengarahkan makna pada objek yang dimaksud.

Contoh Kalimat Pars Pro Toto

Adapun contoh kalimat pars pro toto yang diantaranya yaitu:

Para caleg itu saling bersaing mengeluarkan janji-janji manisnya agar dapat duduk di kursi empuk “kursi dalam kalimat ini merupakan ikon dari suatu kekuasaan yang menyatakan sebagian dari keseluruhan objek”.

Tim garuda merah berhasil menduduki puncak klasemen pada piala kejuaraan asia games yang membanggakan itu “garuda merah digunakan untuk mewakili Indonesia pada kejuaraan ini, maka makna yang timbul ialah dengan mengungkapkan garuda merah sudah mewakili keseluruhan indonesia”.

Penegak hukum itu telah disuap mulutnya hingga meloloskan hukuman bagi penjahat kelas kakap itu “disuap mulutnya, menandakan bahwa diri dari penegak hukum telah dibayar agar memberi hukuman ringan kepada penjahat”.

Mengingat sendok dan garpu telah disiapkan, bapak dan ibu harap berkenan untuk menikmati hidangan yang telah disajikan “dalam kalimat ini sendok dan garpu mewakili sajian mulai dari nasi dan lauk pauk serta piringnya. Pengungkapan sendok dan garpu bukanlah maka sebenarnya, malainkan mewakili dari hidangan”.

Sudah lima hari anton tak menampakan batang hidungnya, kemanakah gerangan ..?? “batang hidung merupakan sebagian bagian dari tubuh yang disebutkan untuk menyatakan keseluruhan dari tubuh yang dimaksud”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Pars Pro Toto” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...