“Majas Simile” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

Posted on

“Majas Simile” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai majas simile yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian serta contoh kalimatnya, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Majas Simile

Majas simile merupakan salah satu kelompok dari majas perbandingan yang menggunakan kata-kata sebagai pembanding untuk menyatakan maksud dan tujuannya. Majas simile hampir sama dengan majas perumpamaan karen sama-sama menggunakan kata-kata perumpamaan dalam kalimat.

Yang membedakan antara keduanya ialah dalam majas simile membandingkan sesuatu secara eksplisit menggunakan kata-kata perumpamaan, sedangkan pada majas perumpamaan perbandingan itu disampaikan secara implisit.

Sehingga dengan demikian lawan bicara lebih mengerti apa sebenarnya yang ingin diungkapkan oleh penutur. Kata-kata penghubung yang digunakan dalam majas simile yaitu ibarat, umpama, bagaikan, bagai, seperti, layaknya, bak dan lain-lain yang merupakan kata pembanding.

Perumpamaan-perumpamaan ini biasa digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan makna atau gagasa atau ide yang ingin disampaikan oleh penutur. Dalam kalimat-kalimat majas simile, penutur dapat membandingkan gagasan atau idenya dengan kata-kata perumpamaan, benda atau tokoh yang memiliki ciri atau kedekatan makna untuk menggambarkan gagasan atau ide yang dimaksud oleh si penutur.

Contoh Penggunaan Majas Simile

Adapun contoh dalam penggunaan majas simile yaitu:

  • Kesenjangan yang terjadi antara si kaya dan si miskin seperti langit dan bumi, langit selalu di atas dan bumi selalu diinjak-injak.
  • Lantunan ayat-ayat Tuhan bagai pelita dalam kegelapan yang membimbing kita ke jalan yang benar.
  • Jangan samakan aku seperti anin yang jatuh cinta rela mengorbankan segalanya.
  • Aku ingin hidup bebas seperti burung yang terbang bebas kemana ia mau.
  • Teruslah berjuang seperti kau akan hidup selamanya.
  • Kedua saudara itu bagai kucing dan tikus yang menjadi musuh satu sama lain.
  • Paras wanita cantik itu bak bulan di malam hari yang paling bersinar.
  • Perkembangan jaman yang serba modern ini membuat kebutuhan akan layanan internet yang cepat seperti kebutuhan akan bahan pokok.
  • Indonesia bak surga yang kaya akan kekayaan alam dan budaya dan udara segar.
  • Kenaikan harga BBM bagai malaikat maut yang menjerat sendi-sendiri perekonomian rakyat miskin.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Simile” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: