“Majas Sinekdoke” Pengertian & ( Macam – Contoh )

Posted on

“Majas Sinekdoke” Pengertian & ( Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai majas sinekdoke yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, macam dan contohnya, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Majas Sinekdoke

Dalam hal ini majas sinekdoke dibedakan menjadi dua yakni pars pro toto dan totem pro parie. Pengelompokkan ini didasarkan pada bentuk pengungkapan kalimat yang dibentuk.

Majas sinekdoke dikelompokkan ke dalam majas perbandingan dilihat dari bentuk kalimatnya. Sedangan dikelompokkan ke dalam majas pertautan jika dilihat dari penyampaian maknanya.

Seperti dalam majas metonimi, majas sinekdoke memainkan hubungan antar acuan sebagai komponen makna. Makna yang diungkapkan oleh kata yang digunakan dapat merujuk pada kata lain karena memiliki hubungan acuan. Cara pengungkapkan sinekdoke dapat dibedakan menjadi dua.

Pars Pro Toto

Yang merupakan majas sinekdoke yang mengungkapkan sebagian untuk menyatakan keseluruhan.

Contoh:

  • Per kepala dikenai biaya sebesar Rp 50.000 untuk tiap kali memasuki wahana bermain itu.
  • Kemana saja kau sudah satu minggun tak menampakkan batang hidung. Ibu wali kelas mencarimu, menanyaimu kemana-mana namun tak ada satupun yang tahu.
  • Sungguh paras cantik gadis pemulung itu telah mencuri hatiku. Bagaimana mungkin wanita secantik itu menjadi seorang pemulung.
  • Penampilan presentasi yang disajikan oleh anak baru itu telah mencuri banyak mata audiens.
  • Bendera merah putih telah berhasil dikibarkan di puncak gunung everest oleh tim pendaki.

Totem Pro Parie

Kebalikan dari pars pro toto, totem pro parie merupakan majas sinekdoke yang mengungkapkan keseluruhan untuk mengaitkan dengan sebagian dari sesuatu bagian.

Contoh:

  • Indonesia telah berhasil menaklukkan mount everest dengan berhasil mengibarkan sang merah putih di titik tertinggi gunung.
  • Batu aki telah menjadi favorite dikalangan para pria bahkan wanita.
  • Musik dangdut ialah musik yang paling berkesan bagi masyarakat Indonesia.
  • Warga kampung XXI merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita.
  • Universitas gajah mada merupakan impian bagi para pelajar.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Sinekdoke” Pengertian & ( Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: