“Majas Sinestesia” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

Posted on
“Majas Sinestesia” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )
5 (100%) 2 votes

“Majas Sinestesia” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai majas sinestesia yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian serta contohnya, nah agar lebih memahami simak pemaparannya dibawah ini.

"Majas Sinestesia" Pengertian Serta ( Contoh Kalimat )

Pengertian Majas Sinestesia

Kalimat sinestesia atau majas sinestesia merupakan suatu kalimat yang mengalami perubahan makna kata disebabkan oleh adanya pertukaran tanggapan antara dua indara yang berbeda. Contohnya pada indra pendengar dengan indra peraba atau indara perasa dengan indra penglihatan.

Contoh Kalimat Majas Sinestesia

Berikut ini contoh kalimat sinestesia yaitu:

Bambang pemungkas dapat memasukan bola ke gawang dengan tendangan manis

Maksudnya pada “tendangan manis” merupakan sebuah tendangan yang dilihat secara teratur bukan tendangan yang memiliki rasa manis. Jadi hal ini terjadi pertukaran antara indra penglihatan dengan indara perasa.

Ketika sedang bercanda tiba-tiba muka ani berubah menjadi pahit dan serentak diam

Maksudnya pada kata “pahit” merupakan bukan berarti muka ani memiliki rasa pahit melainkan muka ani berubah dengan tidak enak di lihat. Jadi hal ini telah terjadi pertukaran antara indra penglihat dengan indara perasa.

Edi telah dikecewakan oleh teman dekatnya sehingga dia bersikap seperti kanebo kering

Maksudnya pada kata “kenebo kering” merupakan bukan berarti seperti lap yang kering akan tetapi bersikap kaku yang diibaratkan seperti kanebo kering. Hal ini terjadi pertukaran antara indara penglihatan dengan indara perasa.

Mulutmu harimaumu

Maksud dari sebuah kalimat yang sering kita dengar bukan berarti mulu harimau akan tetapi mulutnya seperti harimau, jadi hal ini terjadi pertukaran antar indra penglihatan dengan perasa.

Sekarang banyak sekali anak yang kecanduan smartphone seperti kecanduan narkoba karena tidak bisa jauh dari smartphonenya.

Maksdunya yakni pada kata kecanduan narkoba bukan berarti anak kecanduan narkoba tetapi diibaratkan seperti kecanduan tersebut. Hal ini terjadi pertukaran antara indara penglihatan dan indra perasa.

Bapak sedang marah-marah dengan ibu dengan gaya burung berkicau

Maksudnya yaitu pada kata “burung berkicau” berarti marah dengan serentetan kata yang tidak berhenti bukan berarti seperti burung yang berkicau. Jadi hal ini terjadi pertukaran antara indara pendengar dengan indara penglihatan.

Suasana di dalam ruang rapat itu terdapat suara gemerincih air yang deras sehingga pembicara satu tidak terdengar.

Maksudnya pada kalimat “gemericih air deras” yaitu berisik terlalu keras suara yang sedang mengbrol. Jadi hal ini terjadi pertukaran antara indara pedengaran dengan indara perasa.

Orang tau tidak baik jika berbicara kasar dan seharunya tidak berbicara kasar depan anaknya bila tidak ingin berbicara kasar.

Maksudnya pada kata berbicara kasar yakni berbicara yang tidak enak di dengar. Hal ini terjadi pertukaran antara indra pendengaran dengan indara perasa.

Bunga mawar itu indah sekali dan baunya pun sedap sekali sehingga aku ingin menanamnya dan ingin melihat keindahannya setiap hari.

Maksudnya pada kata “baunya sedap” bukan bau yang kita rasakan dengan lidah, jadi hal ini terjadi pertukaran antara indra penciuman dengan indara perasa.

Seorang artis selalu ada salah satu yang melontarkan kata-kata pedas dengan salah satu temannya atau fansnya sehingga membuat mereka serontak kaget.

Maksudnya yaitu pada kata yang berupa “pedas” hal tersebut berarti pedas yang memiliki rasa yang dapat dirasakan oleh indra perasa melainkan ungkapan. Jadi pada contoh diatas terjadi pertukaran antara indra perasa dengan indra penglihatan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Majas Sinestesia” Pengertian Serta ( Contoh Kalimat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...