“Manajemen PAUD” Pengertian & ( Tujuan – Ruang Lingkup – Aplikasi )

Posted on

“Manajemen PAUD” Pengertian & ( Tujuan – Ruang Lingkup – Aplikasi )

DosenPendidikan.Com – Nah siapa yang tidak ingin anaknya menjadi anak yang pintar dan cerdas?? tentu semua orang tua inginkan yang terbaik untuk anaknya terutama hal pendidikan. Sekarang banyak sekali kita lihat lembaga pendidikan yang menerima anak usia dini, misalnya TK, TPA, Kelompok bermain dan lain sebagainya. Lalu apakah sih Manajemen PAUD itu?? Nah agar lebih jelas untuk dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Manajemen PAUD

Sebelum mengetahui manajemen PAUD kita harus mengetahui apa itu PAUD atau Pendidikan Anaka Usia Dini. Dalam hal ini PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar atau dengan kata lain pendidikan untuk anak hingga umur enam tahun.

Tujuan PAUD

PAUD memiliki tujuan utama yakni membentuk anak Indonesia yang memiliki lima pertumbuhan dan perkembangan. Diantaranya pekembangan moral dan agama, perkembangan fisik “koordinasi motorik halus dan kasar”, kecerdasan kognitif “daya pikir, daya cipta”, sosio emosional “sikap dan emosi” serta bahasa dan komunikasi.

Tujuan lainnya ialah membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya. Jadi anak Indonesia akan memiliki kepribadian dan kemampuan yang baik.

Ruang Lingkup PAUD

PAUD memiliki ruang lingkup pendidikan berdasarkan umur. Diantaranya infant (0-1 tahun), toddler (2-3 tahun), preschool atau kindergarten children (3-6 tahun) dan early primary school (SD Kelas Awal) (6-8 tahun). Sedangkan untuk lembaga pendidikannya PAUD terdiri dari TK, KB, RA, BA, TPA dan SPS.

Aplikasi Manajemen PAUD

Berikut ini beberapa langkah untuk menggunakan aplikasi manajemen PAUD. Lembaga yang termasuk dalam PAUD harus mendaftarkan lembaganya secara online, setelah itu lembaga akan mendapatkan username dan password untuk memasukan data kedalam aplikasi. Nah setelah memiliki username dan password sekolah dapat menggunakan aplikasi dengan memasukan data yang diminta. Data yang sudah terdaftar tersebut perlu dilakukan sinkronisasi setiap semesternya agar tetap update. Sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal. Untuk sinkronisasi bisa kita lakukan dengan dua cara yaitu:

  • Cara yang pertama dengan menggunakan menu daftar pengiriman yang tersedia di beranda website. Dalam menu tersebut kita akan diminta mengisi seperti rentang waktu, NPSN, alamat dan status data yang diberikan setelah itu klik tampilkan dan semua data akan ditampilkan.
  • Cara kedua dengan menggunakan user login, pada pojok kanan di beranda website terdapat menu masuk sebagai pengguna. Masukan username dan password yang sudah kita miliki dan klik masuk dengan akun dapodik. Setelah itu voila kita bisa melihat dan menggunakan data yang ada untuk disinkronkan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Manajemen PAUD” Pengertian & ( Tujuan – Ruang Lingkup – Aplikasi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: