Pendekatan Pengembangan Sistem

Metode Pendekatan Pengembangan Sistem Yang Baik

Posted on
Metode Pendekatan Pengembangan Sistem Yang Baik
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Sebuah sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yang menyajikan informasi. Proses pengembangan sistem informasi sering disebut (System Development). Siklus hidup sistem adalah penerapan pendekatan sistem untuk tugasmengembangkan dan penggunaan sistem berbasis komputer yang denganmotivasi untuk memanfaatkan komputer sebagai alat yang dikenal sebagaialat cepat, akurat, tidak lelah, dan tidak tahu kata bosan, untuk melaksanakan instruksi dari pengguna.

Pendekatan Pengembangan Sistem

Dalam proses pengembangan sistem terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • Sistem yang akan dikembangkan merupakan sistem untuk manajemen.
  • Sistem yang dikembangkan adalah investasi modal yang besar.
  • Sistem yang dikembangkan memeriukan orang yang terdidik.
  • Sistem yang dikembangkan memiliki tahapan kerja dan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam proses pengembangan sistem.
  • Proses dalam pengembangan sistem tidak harus di lakukan secara urut.
  • Jangan takut membatalkan proyek.
  • Dokumentasi harus ada untuk pedoman dalam pengembangan sistem.

Beberapa pendekatan yang baik diterapkan dalam pengembangan sistem adalah :

a.) Structured approach

Diklasifikasikan berdasarkan sudut pandang metodologi yang digunakan. Pendekatan ini tidak sekedar mengikuti tahapan-tahapan system life cycle tetapi juga diiengkapi dengan alat dan teknik yang mendukung agartingkat keberhasilan pengembangan system menjadi lebih baik.

b.) System approach

Diklasifikasikan berdasarkan sudut pandang dari sasaran yang akan dicapai. Pendekatan ini merupakan pendekatan pengembangan sistem yang memperhatikan sistem informasi untuk satu kesatuan yang terintegrasi untuk masing-masing kegiatan atau aplikasinya.

c.) Top-down approach

Diklasifikasikan berdasarkan sudut pandang cara menentukan kebutuhan dari sistem. Top-down approach dimulai dari level atas organisasi, yaitu level perencanaan strategi kemudian ke level operasional.

d.) Modular approach

Diklasifikasikan berdasarkan sudut pandang cara mengembangkannya. Pendekatan ini berusaha memecah sistem yang rumit menjadi beberapa bagian atau modul yang sederhana, Jadi sistem akan terasa lebih mudah untuk dipahami dan dikembangkan.

e.) Evolutionary approach

Diklasifikasikan berdasarkan sudut pandang teknologi yang digunakan. Pendekatan ini menerapkan teknologi canggih hanya untuk aplikasi-aplikasi yang akan memerlukan saja pada saat itu dan akan terus akan berkembang untuk periode-periode berikutnya mengikuti kebutuhannya sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

Baca juga :

Demikian Pembahasan Tentang Metode Pendekatan Pengembangan Sistem Yang Baik Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

loading...