“Model Pembelajaran Kooperatif” Pengertian & ( Struktur – Konsep – Ciri – Manfaat )

Posted on
“Model Pembelajaran Kooperatif” Pengertian & ( Struktur – Konsep – Ciri – Manfaat )
5 (100%) 1 vote

“Model Pembelajaran Kooperatif” Pengertian & ( Struktur – Konsep – Ciri – Manfaat )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai model pembelajaran kooperatif yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, konsep, ciri dan manfaat, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Model Pembalajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode atau model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru. Dengan kata lain bahwa pembelajaran kooperatif yakni suatu proses pengajaran yang mana para siswa diajarkan “kondisikan” untuk dapat bekerja kedalam kelompok-kelompok yang kecil dan kelompok tersebut bersifat heterogen serta dengan saling bantu-membantu antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam mempelajari materi-materi pelajaran yang diberikan.

Struktur Model Pembalajaran Kooperatif

Adapun struktur kelompok yang terdapat pada metode pembelajaran kooperatif ialah heterogen, kemudian pada kelompok heterogen tersebut bisa terdiri berdasarkan dari:

  • Campuran latar belakang kemampuan akademik.
  • Jenis kelamin.
  • Suku.
  • Ras.

Hal tersebut berguna supaya siswa bisa menerima perbedaan dan juga bisa bekerja sama pada teman yang berbeda latar belakang. Oleh karena itu metode atau model pembelajaran kooperatif memiliki banyak sekali kegunaan baik itu manfaat untuk guru maupun manfaat untuk siswa.

Teori Konsep Model Pembelajaran Kooperatif

Berikut ini ialah teori konsep model pembelajaran kooperatif menurut beberapa para ahli yang dapat diuraikan dan dijelaskan sebagai berikut:

Menurut Hamdani “2011:30”

Yang menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif ialah rangkaian kegiatan belajar siswa dalam kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan.

Menurut Nurhadi “2004:112”

Mengatakan bahwa pembelajaran kooperatif ialah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar guna mencapai tujuan belajar.

Ciri-Ciri Model Pembelajaran Kooperatif

Berikut ini merupakan ciri-ciri pembelajaran kooperatif menurut Isjoni “2009:62” yang dapaty dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut:

  • Setiap anggota memiliki peran.
  • Terjadi hubungan interaksi langsung diantara siswa.
  • Setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas cara belajarnya dan juga teman-teman sekelompoknya.
  • Guru membantu mengembangkan keterampilan-keterampilan personal kelompok.
  • Guru hanya berinteraksi dengan kelompok saat diperlukan.

Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif

Berikut ini merupakan manfaat dari penerapan pembelajaran kooperatif menurut hasil penelitian Morgan, dkk “2005” yang dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut:

  • Siswa menjadi ikut aktif dalam penyelesaian masalah matematika.
  • Siswa lebih termotivasi untuk berkerjasama dalam kelompok dari pada bersaing secara individu.
  • Siswa lebih mengutamakan rasa ingin tahu proses mencari jawaban yang benar dari pada sekedar langsung mendapat jawaban yang benar.
  • Guru lebih menghargai kemampuan setiap siswa dengan melibatkan setiap siswa ke dalam diskusi kelompok.

Demikianlah pembahasan mengenai “Model Pembelajaran Kooperatif” Pengertian & ( Struktur – Konsep – Ciri – Manfaat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...