“Modem” Pengertian & ( Fungsi – Macam – Jenis Koneksi )

Posted on

“Modem” Pengertian & ( Fungsi – Macam – Jenis Koneksi )

DosenPendidikan.Com – Di jaman yang sudah modern ini umumnya orang-orang pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini. Disini kita akan belajar bersama untuk memahami mengenai modem yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, macam dan jenis koneksi, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Modem

Modem merupakan kependekan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi sebagai memproses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa supaya dapat dikirimkan ke penggunanya melalui media tertentu, proses tersebut biasanya sering disebut dengan proses modulasi. Pada proses tersebut data dari komputer/pc yang bentuknya sinyal digital akan diubah jadi sinyal analog.

Sedangkan Demodulator yang berfungsi sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang telah dikirim oleh pengirim. Pada proses tersebut data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi serta data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali jadi sinyal agar bisa dibaca oleh komputer/pc.

Fungsi Modem

Fungsi modem ialah sebagai pengubah sinyal digital “komputer/pc” menjadi sinyal analog “internet” ataupun sebaliknya. Proses pengubahan itu dinamakan dengan modulasi, sedangkan untuk cara kerjanya modem dibagi menjadi dua bagian, diantaranya bekerja sebagai modulator dan juga bekerja sebagai demodulator.

Fungsi dari modulator yaitu modem akan mengubah sinyal digital pada komputer/pc untuk dijadikan sinyal analog supaya bisa mengakses internet.l Sementara itu fungsi dari demodulator yaitu modem bekerja dengan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Macam-Macam Atau Jenis Dari Modem

Banyak sekali berbagai macam jenis-jenis modem, jenis modem sendiri dapat kita bedakan berdasarkan pemasangannya dan juga jaringannya. Kalau berdasarkan pemasangannya modem dapat dibedakan menjadi modem internal dan juga modem eksternal. Sedangkan kalau berdasarkan jaringannya modem bisa dibedakan menjadi 2 “dua” macam yaitu modem dengan media kabel serta modem dengan media tanpa kabel “nirkabel”.

  • Pengertian modem internal ialah merupakan sebuah kartu “card” yang dipasang pada slot mortherboard/mainboard, kelebihan dari modem ini yaitu cara pemasangannya yang mudah serta harganya relatif murah.
  • Pengertian modem eksternal ialah sebuah modem yang dipasangkan diluar komputer/pc biasanya jenis modem ini dipsangkan/ditancapkan pada slot USB.
  • Modem media kabel “yang menggunakan media kabel” ialah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya “jaringan telepon dan TV kabel”.
  • Modem tanpa kabel ialah modem yang menggunakan media tanpa kabel sebagai perantaranya “modem GSM, Modem CDMA, dsb”.

Jenis Koneksi

Lalu berdasarkan dari teknologi atau dari jenis koneksinya sebagai berikut:

  • Modem analog ialah sebuah modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data lalu kemudian mengubahnya jadi data digital untuk dikirimkan ke komputer/pc ataupun sebaliknya. Jenis modem ini biasanya dipakai untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, karena itulah disebut modem dial up.
  • Modem DSL “Digital Subscriber Line” ialah sebuah modem untuk menerima dan juga mengirimkan data menggunakan teknologi digital melalui suatu jaringan terdedikasi. Dalam teknologi ini data-data yang diterima atau yang dikirim oleh modem DSL berupa bentuk data digital sehingga akses internet jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan modem analog.
  • Terdapat 2 “dua” jenis modem DSL diantaranya ADSL “Asymmetric Digital Subscriber Line” kecepatan men-downloadnya lebih cepat dibandingkan kecepatan upload dan jenis SSL “Symmetric Digital Subscriber Line” kecepatan men-downloadnya sama dengan kecepatan upload.
  • Modem kabel ialah modem yang menerima dan juga mengirim data internet yang melalui jaringan dari TV Kabel, data-data yng diterima serta data yang dikirim juga berupa data digital dengan kecepatan setara dengan modem DSL.
  • Modem CDMA ialah sebuah modem dial up Wireless yang bekerja menggunakan teknologi CDMA “Code Division Multiple Access”.
  • Modem GSM ialah sebuah modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon seluler GSM, modem GSM mendukung layanan GPRS/EDGE dan 3G.

Demikianlah pembahasan mengenai “Modem” Pengertian & ( Fungsi – Macam – Jenis Koneksi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga:


loading...