“Motherboard” Pengertian & ( Fungsi – Cara Kerja – Jenis )

Posted on

“Motherboard” Pengertian & ( Fungsi – Cara Kerja – Jenis )

DosenPendidikan.Com – Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai Motherboard, kalau kalian sering menggunakan komputer atau PC “Personal Computer” atau kalian yang menekuni dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen CPU yang satu ini karena komponen ini ialah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah komputer, jika kalian belum mengetahui kalau begitu simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Motherboard Atau Mainboard

Motherboard ialah papan induk elektronik ataua mainboard yang dimana semua device komputer dipasang di slot-slotnya. Cara kerjanya didalam sistem komputer, peripheral-periheral akan saling terkoneksi atau saling terhubung di dalam mainboard dan juga dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Semua peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah sistem komputer yang utuh.

Fungsi Motherboard

Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, Motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Motherboard Bekerja

Motherboard satu-satunya komponen utama tempat untuk komponen yang terhubung satu sama lainnya. Ia bekerja seperti sistem saraf tubuh kita dan terutama memiliki kemampuan untuk mengakut data dari setiap jenis. Menghubungkan sejumlah perangkat namun sebagai fungsi dasar ialah menghubungkan CPU “Processor” dengan bagian lain dari komputer. Ada dua jembatan utama pada Motherboard yang menghubungkan berbagai komponen termasuk prosesor.

Jenis-Jenis Motherboard

Adapun jenis-jenis Motherboard yang diantaranya yaitu:

Motherboard AT Baby/AT

Motherboard ini merupakan tipe komputer pertama yang masih menggunakan format 386 serta 486. Lalu format inipun kemudian diubah menjadi tipe ATX dengan tujuan memberi sirkulasi udara yang lebih baik.

Motherboard ATX

Motherboard ini juga dapat diubah menjadi AT Baby jika kalian menginginkan kemudahan dalam cara pemakaian, kalian dapat memasukkan berbagai perangkat pripheral seperti konektor IDE yang terletak disamping disk. ATX sendiri terbagi menjadi beberapa kategori seperti Standar ATX, micro ATX, mini-ATX, nano-ATX dan pico-ATX.

Motherboard BTX

Motherboard jenis ini dirancang agar kompatibel dengan produk intel serta di desain untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik serta pengendalian panas. Penggunaan mobo jenis ini puan juga menggunakan daya yang sama dengan daya yang dipakai mobo ATX.

Motherboard ITX

Motherboard jenis ini ialah tipe mobo yang sudah menggunakan Teknologi Informasi Extended, dimana ia sangat kompatibel menggunakan format VIA sehingga cocok untuk dijadikan mini PC, mobo ini juga memiliki jenis yang sama seperti mini-ITX atau nano ITX.

Demikianlah pembahasan mengenai “Motherboard” Pengertian & ( Fungsi – Cara Kerja – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: