“Musik Modern” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

Posted on

“Musik Modern” Pengertian & ( Jenis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai musik modern yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, jenis dan contoh, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Musik Modern

Musik modern merupakan musik yang muncul setelah akhir masa musik klasik sampai masa sekarang ini. Beberapa kriteria musik modern antara lain menggunakan tangga nada diatonis dan menggunakan alat musik akustik dan elektronik.

Perkembangan teknologi juga turut mempengaruhi dunia musik, pembentukan suara-suara buatan yang dilakukan oleh alat elektronik maupun komputer dengan program musiknya “teknologi komputerisasi” juga menjadi bagian dari musik modern.

Sejauh ini memang musik modern memang sulit dibatasi oleh defenisi tertentu. Musik modern dapat dikatakan sebagai suatu bentuk musik yang terus megikuti perkembangan zaman. Musik ini akan selalu disesuaikan dengan selera penggemarnya. Dengan demikian musik modern yang telah ada selalu mampu bertahan hingga saat ini.

Musik modern juga menggunakan alat-alat musik dalam permainannya, alat musik yang biasa digunakan dalam musik modern kebanyakan merupakan alat musik Barat. Hal ini disebabkan oleh karena modern memang berorientasi pada musik Barat. Dengan demikian alat musik yang digunakannya pun kurang lebih sama dengan alat-alat musik Barat.

Jenis Dan Contoh Alat musik Modern

Nah berikut ini ialah jenis-jenis alat musik yang biasa dipakai pada musik modern.

Instrumen Petik

Instrumen petik merupakan segala alat musik dawai/senar yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari atau plectrum. Contohnya ialah gitar dan harpa.

"Musik Modern" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Instrumen Gesek

"Musik Modern" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Jenis alat musik ini dimainkan dengan menggunakan tongkat gesek. Tongkat itu direntangkan melintang pada dawai atau senar.

Kemudian digesekkan di atasnya sehingga bergetar dan berbunyi. Yang termasuk dalam jenis alat musik ini antara lain biola dan cello.

Instrumen Pukul Atau Perkusi

Instrumen pukul atau perkusi dimainkan dengan cara dipukul, terdapat alat pemukul yang khusus diciptakan untuk memukul alat musik perkusi Barat.

"Musik Modern" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Alat pemukul ini biasanya dipukulkan dengan menggunakan tangan. Contohnya ialah drum, timpani, dan genderang.

Instrumen Tiup

"Musik Modern" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Instrumen tiup ialah alat musik yang dimainkan dengan ditiup. Biasanya alat musik ini dilengkapi dengan lubang-lubang kecil yang dapat ditutup dengan jari untuk menghasilkan suara dengan tinggi nada yang berbeda. Contoh alat musik ini antara lain flute, saksofon, terompet dan trombone.

Instrumen Keyboard

Jenis alat musik ini merupakan alat musik yang memiliki bilah-bilah nada atau tuts dalam susunan khusus untuk dimainkan dengan menggunakan jari. Alat musik semacam ini dinamakan dengan alat musik klavir yang berasal dari bahasa Prancis, clavier.

"Musik Modern" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Suara instrument keyboard dapat dihasilkan dari getaran yang dihasilkan tekanan tuts, tiupan atau tercipta dengan elektronik. Contoh alat musik ini ialah piano, organ, keyboard, akordeon dan pianika.

Demikianlah pembahasan mengenai “Musik Modern” Pengertian & ( Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: