“Paragraf Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Ciri – Langkah Menulis – Contoh )

Posted on
“Paragraf Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Ciri – Langkah Menulis – Contoh )
5 (100%) 1 vote

“Paragraf Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Ciri – Langkah Menulis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai paragraf deskripsi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, jenis, ciri, langkah menulis dan contoh, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

"Paragraf Deskripsi" Pengertian & ( Tujuan - Jenis - Ciri - Langkah Menulis - Contoh )

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi ialah paragraf yang menjelaskan kepada pembaca mengenai suatu hal seperti objek, gagasan, tempat atau peristiwa melalui perincian dan detail hal tersebut. Penulias menggunakan ilustrasi untuk menjelaskan hal tersebut melalui keadaan, warna, rasa, atau kesan yang ada pada hal tersebut. Dengan kata lain, diskripsi ialah melukis atau memotret benda atau suasan dengan kata-kata.

Tujuan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca bisa seolah-olah melihat, mendengar, merasakan atau mengalami objek dan peristiwa yang dideskripsikan penulis.

Jenis Paragraf Deskripsi

Secara umum paragraf deskripsi dibedakan atas tiga macam yaitu:

  • Paragraf deskripsi spasial ialah paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa.
  • Paragraf deskripsi objektif ialah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaannya.
  • Paragraf deskripsi subjektif peragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Adapun ciri-ciri paragraf deskripsi diantaranya yaitu:

  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
  • Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.

Langkah Menulis Paragraf Deskripsi

Adapun langkah menulis paragraf deskripsi yang perlu diperhatikan yaitu:

Cari Sebuah Topik

Untuk menulis paragraf deskripsi dengan baik, pertama kali yang harus kalian lakukan ialah:

  • Mencari topik yang bagus
  • Mempelajari dengan baik topik tersebut

Agar lebih mudah pada langkah awal ini cara terbaik untuk mendapatkan ide topik yang akan diangkat atau ditulis dalam bentuk paragraf deskripsi ialah melihat apa yang ada disekelilingmu. Coba berjalan-jalan dirumah, ruang tamu, sampai ke dapur lihat semua hal yang ada, tentu kalian akan mendapatkan hal atau objek yang baik untuk ditulis deskripsi. Sepatu baru, tas kesayangan, meja belajar dan lain-laian ialah ide manarik yang bisa ditulis secara deskripsi.

Selanjutnya pelajri objek yang sudah kalian dapatkan, untuk mempermudah coba ikuti beberapa pertanyaan berikut untuk mempelajari objek yang akan ditulis.

  • Bagaimana rasa, suara, bau objek ini?
  • Berapa ukurannya?
  • Bagaimana bentuknya?
  • Berapa beratnya?
  • Apa warnanya?
  • Bagaimana kondisinya?

Kembangkan terus pertanya lanjutan sampai kalian benar-benar memahami objek tersebut.

Rancanglah Sebuah Paragraf Deskripsi

Setelah kalian memilih sebuah topik dan telah mengoleksi beberapa detail topik tersebut kalian sudah siap untuk menyusun paragraf deskripsi dengan merancang paragraf deskripsi secara kasar. Tulis saja topik utamanya dan semua detail yang telah kalian ketahui.

Revisi Paragraf Deskripsi

Kini saatnya kalain merevisi paragraf kasar yang telah kalian tulis. Konsentrasi saja pada penyusunan gambaran detail yang kalian buat. Apakah kalimatnya sudah jelas, logis, dan setiap detail dapat tersusun dengan baik.

Cek Dan Baca Kembali Paragraf Deskripsi

Peragraf deskripsi hasil revisimu sudah selesai, kini saatnya membaca kembali, ajak teman kalian untuk membacanya dan minta pendapatnya untuk memperbaiki tulisanmu. Kalian bisa menggunakan beberapa pertanyaan ini untuk cek apakah paragraf deskripsi telah memenuhi syarat.

  • Apakah paragrafmu sudah dimuali dengan sebuah kalimat utama? sebuah kalimat utama mengenai objek yang akan jelaskan detailnya.
  • Apakah paragraf sudah konsisten, jelas dan spesifik?
  • Apakah paragraf sudah tersusun dengan kalimat yang lengkap?
  • Apakah semua kalimat pendukung yang berisi gambaran dan penjelasan sudah menjelaskan kalimat utama di awal peragraf?
  • Apakah kalian sudah mengurutkan deskripsinya dengan baik dan logis?
  • Apakah kalian sudah menutup paragraf dengan kalimat yang mengesankan bahwa objek yang kalian deskripsikan itu ialah hal yang spesial, istimewa atau unik yang menarik pembaca?

Bila pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut telah dapat kalian aplikasikan pada paragraf yang baru kalian buat, maka kalian sudah mendapatkan sebuah paragraf deskripsi yang baik.

Contoh Paragraf Deskripsi

Pemandangan pantai Mojopahit-Mojokerto sangat mempesona disebelah kiri terlihat tebing yang amat sangat tinggi dan disebalah akan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.

Banyak wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Mojopahit ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Mojopahit ini kalian bisa bermain pari dan merasakan hembusan segar angin laut.

Kita juga dapat naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Disore hari kita dapat melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

Demikianlah pembahasan mengenai “Paragraf Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Ciri – Langkah Menulis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...