“Paragraf Generalisasi” Pengertian & ( Macam – Contoh )

Posted on

“Paragraf Generalisasi” Pengertian & ( Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai paragraf generalisasi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, macam dan contoh, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

"Paragraf Generalisasi" Pengertian & ( Macam - Contoh )

Pengertian Paragraf Generalisasi

Paragraf generalisasi ialah paragraf yang menggunakan pendekatan indukasi dalam kalimatnya. Dalam paragraf generalisasi, menyajikan fakta-fakta atau penjelasan-penjelasan pada kalimat-kalimat awal yang akan menggiring kesimpulan di kalimat terakhir.

Oleh karenanya, paragraf generalisasi menggunakan pendekatan induksi “umum – khusus” yang memiliki ciri khas dengan penyampaian ide pokok di akhir paragraf yang sebelumnya diberikan fakta-fakta pendukung.

Macam-Macam Paragraf Generalisasi

Adapun paragraf generalisasi dibedakan menjadi dua yaitu:

Loncatan Induktif

Pada paragraf ini, menyajikan kalimat-kalimat yang bertolak dari beberapa fakta pada kalimat awal, yang mana fakta tersebut belum dapat mencerminkan keseluruhan fenomena yang terjadi. Oleh karenanya pada kalimat jenis ini merupakan kalimat generalisasi yang lemah, karena dalam kalimat awal mengandung fakta-fakta yang tidak seutuhnya mencerminkan keseluruhan fenomena.

Tanpa Loncatan Induktif

Paragraf jenis ini merupakan kebalikan dari paragraf generalisasi loncatan induktif. Pada paragraf jenis ini, memberikan kalimat-kalimat fakta yang lengkap yang menggambarkan keseluruhan fenomena. Sehingga paragraf ini sangat baik karena menyajikan data yang lengkap.

Contoh Paragraf Generalisasi

Nah berikut ini akan diuraikan beberapa contoh mengenai paragraf generalisasi yaitu:

Contoh Paragraf Generalisasi ( Loncatan Induksi )

Keputusan pemerintah menaikan harga BBM kembali menuai kritikan, hal ini karena kenaikan ini akan memicu kenaikan harga-harga barang pokok serta tarif angkutan. Terutama harga barang-barang sembako yang menjadi kebutuhan utama yang melambung tinggi setelah kenaikan BBM. Begitu pula dengan kenaikan tarif dasar angkutan, listrik, gas dan lain-lain. Oleh karena itu, rakyat menolak kenaikan BBM karena banyak membawa masalah bagi rakyat.

Contoh Paragraf Generalisasi ( Tanpa Loncatan Induksi )

Setelah hasil ulangan biologi anak-anak kela 11 diperiksa, sebagian besar murid-murid mendapat nilai standar kelulusan yakni delapan puluh. Nilai di bawah standar kelulusan masih ditemukan pada sedikitnya lima orang siswa.
Bagi siswa-siswi yang memiliki nilai dibawah standar kelulusan, maka akan diwajibkan untuk mengikuti ujian perbaikan atau remedial. Ujian remedial ini dapat berupa ujian dengan materi serupa namun soal yang lebih mudah atau dapat pula penugasan dengan materi yang terkait.

Sistem penilaian yang diberikan pada ujian remedial pun berada dengan ujian yang pertama pada ujian remedial nilai maksimum siswa hanya batas standar kelulusan, sehingga dengan demikian program remedial membantu siswa-siswi yang belum memiliki ketuntasan belajar.

Demikianlah pembahasan mengenai “Paragraf Generalisasi” Pengertian & ( Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: