“Pasar Modal” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Fungsi – Manfaat – Jenis )

Posted on

“Pasar Modal” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Fungsi – Manfaat – Jenis )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Pasar Modal yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi, manfaat dan jenis, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Berdasarkan Undang-undang Pasar Modal Republik Indonesia Nomor 8 tahun 1995 Pasal 1 butir 13: Pasar modal ialah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya serta lembaga dan potensi yang berkaitan dengan efek.

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

  • Menurut Situmorang “2008:3”
    Pasar modal adalah perdagangan instrumen keuangan “sekuritas” jangka panjang, baik dalam bentuk modal sendiri “stocks” maupun utang “bonds” baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun oleh perusahaan swasta.
  • Menurut Sunariyah “2006:4”
    Pasar modal adalah suatu pasar “tempat , berupa gedung” yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek.
  • Menurut Husnan “2003:3”
    Pasar modal adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan “sekuritas” jangka panjang yang dapat diperjual belikan, baik dalam bentuk utang maupun modal sendiri. Baik itu diterbitkan oleh pemerintah public authorities maupun perusahaan swasta.
  • Menurut Tandaellin “2001:7”
    Pertama definisi dalam arti luas adalah: sistem keuangan yang terorganisir, termasuk bank-bank komersial dan semua perantara dibidang keuangan, serta surat berharga.
  • Menurut Tjiptono Darmadji Dan Hendy M. Fakhruddin “2006:1”
    Pengertian Pasar modal “capital market” adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual belikan, baik dalam bentuk utang, ekuitas “saham”, instrumen derivatif, maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain “misalnya pemerintah” dan sarana bagi kegiatan berinvestasi.

Fungsi Pasar Modal

Pasar modal merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli efek dengan risiko untung dan rugi. Pada hakikatnya pasar modal mempunyai dua fungsi pasar yaitu ” Tandelilin, 2001:13″

  • Lembaga perantara yang menunjukkan peran penting dalam menunjang perekonomian karena pasar modal dapat menghubungkan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang mempunyai kelebihan dana.
  • Mendorong terciptanya alokasi dana yang efisien, karena dengan adanya pasar modal maka pihak yang kelebihan dana “investor” dapat memilih alternatif investasi yang memberikan retum yang optimal.

Manfaat Pasar Modal

Menurut Tjiptono “2006”, pasar modal banyak memberikan manfaat antara lain:

  • Memberikan wahana investasi bagi investor sekaligus memungkinkan upaya diversifikasi.
  • Menyediakan indikator utama bagi tren ekonomi negara.
  • Sebagai alokasi sumber dana secara optimal.
  • Alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan resiko yang bisa diperhitungkan melalui keterbukaan, likuiditas dan diversifikasi investasi.

Jenis Pasar Modal

Menurut Sunariyah “2011:12” jenis-jenis pasar modal sebagai berikut:

  • Pasar Perdana “Primary Market”
    Penawaran sahan oleh emiten dilakukan sebelum diperdagangkan di pasar sekunder.
  • Pasar Sekunder “Secondary Market”
    Merupakan perdagangan saham yang telah melewatinya masa penawaran pada pasar perdana. Saham pada pasar ini telah dijual luas setelah melalui masa penjualan di pasar perdana.
  • Pasar Ketiga “Third Market”
    Merupakan tempat perdagangan saham di luar bursa, bisanya dikoordinir oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek serta diawasi dan dibina oleh lembaga keuangan.
  • Pasar Keempat “Fourth Market”
    Merupakan bentuk perdagangan efek antara pemegang saham, atau proses pemindahan sahan antar pemegang saham yang biasanya dalam nominal besar.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pasar Modal” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Fungsi – Manfaat – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: