“Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )” Pengertian & ( Karakteristik – Tujuan )

Posted on

“Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )” Pengertian & ( Karakteristik – Tujuan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) yang dimana dalam hal ini meliputi Karakteristik dan Tujuan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )

Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dalam bahasa Indonesia disebut Pembelajaran Berbasis Masalah “PBM” merupakan penggunaan berbagai macam kecerdasan yang diperlukan untuk melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata, kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada.

Karakteristik Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )

Menurut Trianto “2009:93”, karakteristik model pembelajaran Problem Based Learning “PBL” adalah:

  • Adanya pengajuan pertanyaan atau masalah.
  • Berfokus pada keterkaitan antar disiplin.
  • Penyelidikan autentik.
  • Menghasilkan produk atau karya dan mempresentasikannya.
  • Dan kerja sama.

Menurut Rusman “2010:232”, karakteristik model pembelajaran Problem Based Learning “PBL” ialah sebagai berikut:

  • Permasalahan menjadi starting point dalam belajar.
  • Permasalahan yang diangkat ialah permasalahan yang ada di dunia nyata yang tidak terstruktur.
  • Permasalahan membutuhkan perspektif ganda “multiple perspective”.
  • Permasalahan menantang pengetahuan yang dimiliki oleh siswa, sikap dan kompetensi yang kemudian membutuhkan identifikasi kebutuhan belajar dan bidang baru dalam belajar.
  • Belajar pengarahan diri menjadi hal yang utama.
  • Pemanfaatan sumber pengetahuan yang beragam penggunaannya dan evaluasi sumber informasi merupakan proses yang esensial dalam problem based learning.
  • Belajar ialah kolaboratif, komunikasi dan kooperatif.
  • Pengembangan keterampilan inquiry dan pemecahan masalam sama pentingnya dengan penguasaan isi pengetahuan mencari solusi dari sebuah permasalahan.
  • Sintesis dan integrasi dari sebuah proses belajar.
  • Problem based learning melibatkan evaluasi dan review pengalaman siswa dan proses belajar.

Tujuan Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )

Tujuan yang ingin dicapai oleh PBL adalah kemampuan siswa untuk berpikir kreatif, analitis, sistematis dan logis untuk menemukan alternatif pemecahan masalah melalui eksplorasi data secara empiris dalam rangka menumbuhkan sikap ilmiah. Berikut ini beberapa tujuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning “PBL”:

Mengembangkan Keterampilan Berpikir Dan Keterampilan Memecahkan Masalah

Proses-prosews berpikir tentang ide-ide abstrak berbeda dari proses-proses yang digunakan untuk berpikir tentang situasi-situasi dunia nyata. Resnick menekankan pentingnya konteks dan keterkaitan pada saat berpikir tentang berpikir yaitu meskipun proses berpikir memiliki beberapa kesamaan antara situasi, proses itu bervariasi tergantung dengan apa yang dipikirkan seseorang dalam memecahkan masalah.

Belajar Peran Orang Dewasa

Problem Based Learning “PBL” juga dimaksudkan untuk membantu siswa berkinerja dalam situasi-situasi kehidupan nyata dan belajar peran-peran penting yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Resnick mengemukakan bahwa bentuk pembelajaran ini penting untuk menjembatani kerjasama dalam menyelesaikan tugas, memiliki elemen-elemen belajar magang yang mendorong pengamatan dan dialog dengan yang lain sehingga dapat memahami peran di luar sekolah.

Keterampilan-Keterampilan Untuk Belajar Mandiri

Guru yang secara terus menerus membimbing siswa dengan cara mendorong dan mengarahkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan memberi penghargaan untuk pertanyaan-pertanyaan berbobot yang mereka ajukan, dengan mendorong siswa mencari solusi/penyelesaian terhadap masalah nyata yang dirumuskan oleh siswa sendiri, maka diharapkan siswa dapat belajar menangani tugas-tugas pencarian soslusi itu secara mandiri dalam hidupnya kelak.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )” Pengertian & ( Karakteristik – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: