“Pengadilan Tingkat Kedua” Pengertian & ( Fungsi – Wewenang )

Posted on

“Pengadilan Tingkat Kedua” Pengertian & ( Fungsi – Wewenang )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengani pengadilan tingkat kedua yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi dan wewenang, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengadilan atau Mahkamah merupakan sebuah forum publik, resmi, dimana kekuasaan publik ditetapkan oleh otoritas hukum untuk menyelesaikan perselisihan dan pencarian keadilan dalam hal sipil, buruh, adaministratif dan kriminal dibawah hukum.

Dalam negara dengan sistem common law, pengadilan merupakan cara utama untuk penyelesaian perselisihan dan umumnya dimengerti bahwa semua orang memiliki hak untuk membawa klaimnya ke pengadilan, dan juga pihak tertuduh kejahatan memiliki hak untuk meminta perlindungan di pengadilan.

Dalam hal ini fungsi pengadilan secara umum ialah sebagai lembaga hukum atau yuridis yang menegakan aturan dan hukum atau yang terkait dengan upaya hukum demi kepentingan bersama baik negara atau masyarakat.

Pengertian Pengadilan Tingkat Kedua

Pengadilan tingkat kedua atau pengadilan tinggi ialah pengadilan banding yang mengadili lagi di tingkat kedua “tingkat banding” perkara perdata atau pidana yang telah diadili atau telah diputuskan oleh pengadilan negeri. Pengadilan tinggi hanya memeriksa berkas perkara, kecuali pengadilan tinggi merasa perlu untuk bisa langsung mendengarkan para pihak yang berperkara.

Fungsi Pengadilan Tingkat Kedua

Adapun fungsi pengadilan tingkat kedua yaitu:

  • Menjadi pemimpin bagi pengadilan-pengadilan negeri di dalam daerah hukumnya.
  • Melakukan pengawasan terhadap jalannya peradilan di dalam daerah hukumnya dan menjaga supaya peradilan itu diselesaikan dengan seksama dan sewajarnya.
  • Mengawasi dan meneliti perbuatan para hakim pengadilan negeri di daerah hukumnya.
  • Untuk kepentingan negara dan keadilan, pengadilan tinggi dapat memberi peringatan teguran dan petunjuk yang dipandang perlu kepada Pengadilan Negeri dalam daerah hukumnya.

Wewenang Pengadilan Tingkat Kedua

Adapun wewenang pengadilan tingkat kedua yaitu:

  • Mengadili perkara yang diputus oleh pengadilan negeri dalam daerah hukumnya yang dimintakan banding.
  • Berwenang untuk memerintahkan pengiriman berkas-berkas perkara dan surat-surat untuk diteliti dan memberi penilaian tentang kecakapan dan kerajinan para hakim.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pengadilan Tingkat Kedua” Pengertian & ( Fungsi – Wewenang ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: