Presentasi

Pengertian, 6 Tujuan Dan Manfaat Presentasi Lengkap

Posted on
Pengertian, 6 Tujuan Dan Manfaat Presentasi Lengkap
3.3 (65%) 4 votes

DosenPendidikan.Com – Presentasi merupakan kegiatan berbicara di depan orang banyak atau salah satu bentuk komunikasi. presentasi adalah topik pengajuan kegiatan, pendapat atau informasi kepada orang lain. Tidak seperti pidato lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dilakukan di bisnis pertunjukan.

Presentasi

Tujuan dari presentasi dari semua jenis, misalnya, untuk membujuk, untuk menginformasikan, atau untuk meyakinkan. Untuk menjadi baik menyajikan, orang sering belajar ahli presentasi. Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering diamati oleh orang-orang yang ingin tahu bagaimana berbicara di depan umum.

Berbicara keterampilan di depan penonton sangat penting bagi siapa pun yang ingin maju. Banyak presiden, manajer, tenaga penjualan, dan seorang guru yang menjadi terkenal melalui keterampilan yang sukses dan presentasinya.

Menurut KBBI Presentasi di definisikan :

pre·sen·ta·si /préséntasi/ n 1 pemberian (tt hadiah); 2 pengucapan pidato (pd penerimaan suatu jabatan); 3 perkenalan (tt seseorang kpd seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi); 4 penyajian atau pertunjukan (tt sandiwara, film, dsb) kpd orang-orang yg diundang; mem·pre·sen·ta·si·kan v menyajikan; mengemukakan (dl diskusi dsb).

Macam-Macam Jenis Presentasi

  • Presentasi Dadakan, merupakan presentasi yang dilakukan dengan tanpa persiapan. Disini presenter dituntut untuk dapat menguasai materi dengan spontan.
  • Presentasi Tanpa Text (Hafalan), merupakan sebuah presentasi yang dilakukan dengan cara menghafal materi teks yang sudah disediakan.
  • Presentasi Naskah, merupakan presentasi yang dilakukan dengan cara membaca naskah untuk para audience.

Tujuan Umum Presentasi

  • Untuk memberi informasi. Ini tujuan umum presentasi, seperti menginformasikan ide, pemikiran, produk, program, atau topiktertentu.
  • Untuk membujuk atau meyakinkan. Biasanya dibawakan oleh wiraniaga atau sales.
  • Untuk memberikan hiburan, seperti oleh komedian atau atau penyiar radio/TV dalam acara hiburan.
  • Untuk memotivasi, seperti oleh motivator atau atasan kepada bawahan, guru keada murid, dosen kepada mahasiswa, pelatih (trainer) kepada peserta pelatihan.
  • Untuk memberi inspirasi.
  • Untuk mempromosikan produk kepada calon pembeli.

Manfaat Presentasi

  1. Sebagai bahan paparan suatu pokok bahasan inti.
  2. Media pembantu untuk penjabaran dari materi pelajaran sekolah atau suatu projek kerja.
  3. Kesan lebih ekslusif karena melibatkan alat presentasi (Professional).
  4. Audience biasanya akan lebih jelas jika disertai dengan media gambar dari presentasi itu sendiri.
  5. Memupuk mental yang ada dalam diri si pembawa materi presentasi.

Di Kutip Dari Berbagai Sumber.

Simak Juga :

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian, 6 Tujuan Dan Manfaat Presentasi Lengkap Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

loading...