Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup Serta Macam Dan Contohnya

Posted on
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Pada setiap makhluk hidup tinggal untuk menempati habitatnya masing-masing. Untuk bisa bertahan hidup mereka akan melakukan adaptasi terhadap keadaan habitatnya tersebut. Makhluk hidup yang tidak mampu atau lambat dalam melakukan adaptasi, ada kemungkinan besar akan mengalami kematian hal ini karena terseleksi oleh alam.

Adaptasi Makhluk Hidup

Nah agar memahami dalam konsep adaptasi pada makhluk hidup, untuk kesempatan kali ini akan mengulas mengenai pengertian adaptasi serta macam dan contohnya, baik tumbuhan maupun hewan yang ada di sekitar kita, simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Adaptasi

Dalam hal ini untuk pengertian adaptasi didefinisikan sebagai suatu kemampuan makhluk hidup dalam menyesuaikan keadaan dirinya dengan lingkungan tempat hidupnya. Pada setiap makhluk hidup akan berusaha untuk dapat melakukan adaptasi untuk mempertahankan kelangsungannya yang sehingga kelestarian hidupnya akan dapat terus terjaga.

Macam-Macam Adaptasi Dan Contohnya

Dapat kita ambil dari pengertian adaptasi di atas, yang berdasarkan jenisnya adaptasi dibedakan menjadi tiga yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku. Untuk lebih jelasnya dari masing-masing simak uraian berikut ini.

Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi merupakan suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian bentuk atau alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya. Untuk penyesuaian bentuk dan alat tubuh dari makhluk hidup umumnya berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama.

Contoh Adaptasi Morfologi

Untuk contoh adaptasi morfologi dapat kita temukan dengan mudah disekitar kita, misalnya adaptasi bentuk paruh burung atau tipe mulut serangga dengan cara makan dan jenis makanan mereka, adaptasi bentuk kaki burung sesuai tempat hidupnya, adaptasi bentuk gigi pada hewan karnivora, herbivora dan omnivora, adaptasi ketebalan bulu sesuai suhu di tempat hidupnya dan masih banyak lagi.

Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup yang melalui penyesuaian fungsi kerja alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya. Adaptasi fisiologi cukup sulit untuk diamati karena butuh penelitian terhadap jaringan dalam makhluk hidup itu sendiri.

Contoh Adaptasi Fisiologi

Beberapa contoh adaptasi fisiologi yang terdapat pada makhluk hidup disekitar kita misalnya seperti Osmoregulasi atau pengaturan tekanan osmosis pada ikan air tawar dan ikan air laut, yang pengeluaran urine pada manusia sesuai ketinggian tempat hidupnya, serta adaptasi sistem pencernaan pada hewan memamah biak.

Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku merupaka suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup yang melalui penyesuaian tingkah lakunya dengan lingkungan habitatnya. Untuk penyebab adaptasi tingkah laku bisa disebabkan oleh pengaruh ketersediaan air atau ada tidaknya ancaman pada diri makhluk hidup itu sendiri.

Contoh Adaptasi Tingkah Laku

Adapun beberapa contoh adaptasi tingkah laku misalnya seperti yaitu:

  • Mimikri pada hewan
  • Pohon jati yang menggugurkan daunnya saat kemarau
  • Keladi yang meneteskan air untuk mengurangi kelebihan air
  • Rayap yang memakan kulitnya sendiri
  • Paus yang secara periodik muncul ke permukaan air untuk bernapas
  • Dan lain sebagainya

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup Serta Macam Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: