Pengertian, Bentuk Dan Macam - Macam Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian, Bentuk Dan Macam – Macam Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Posted on
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Pengendalian sosial adalah suatu mekanisme untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku lalu bersikap sesuai norma kemudian nilai yang berlaku. Dengan adanya pengendalian sosial yang baik diharapkan mampu membetulkan anggota masyarakat yang berperilaku menyimpang/membangkang.

Pengertian, Bentuk Dan Macam - Macam Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Joseph T. Roucek

Pengendalian sosial ialah suatu istilah kolektif yang mengacu pada proses terencana ataupun tidak terencana yang mengajarkan, membujuk atau memaksa individu untuk menyesuaikan kita dengan kebiasaan-kebiasaan dan nilai-nilai kelompok.

Peter L. Conchyliculteur

Pengendalian sosial adalah penjuru cara yang digunakan dengan masyarakat untuk menertibkan anggota-anggotanya membangkang.

Bruce J. Cohen

Pengendalian sosial adalah cara-cara atau metode yang dimanfaatkan untuk mendorong seseorang agar berperilaku selaras dengan kehendak kelompok atau masyarakat besar tertentu.

Horton

Pengendalian sosial adalah segenap cara serta proses yang ditempuh akibat sekelompok orang atau penduduk, sehingga para anggotanya meraih bertindak sesuai harapan kelompok atau masyarakat.

Soetandyo Wignyo Subroto

Pengendalian sosial adalah sanksi, yaitu suatu bentuk penderitaan yang secara sengaja dikasih oleh masyarakat. Dari sedikit definisi di atas meraih disimpulkan bahwa pengendalian sosial adalah proses yang dipakai oleh seseorang atau kelompok untuk memengaruhi, mengajak, malah memaksa individu atau penduduk agar berperilaku sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat, hingga tercipta ketertiban di penduduk.

Macam-Macam Pengendalian Sosial

Berdasarkan Sifat

Beralaskan sifat, pengendalian sosial meraih dibedakan menjadi tiga, beserta ini.

Tindakan Preventif

Pengendalian sosial yang bertujuan bagi melakukan tindakan pencegahan bersama kemungkinan terjadinya pelanggaran-pelanggaran kepada norma-norma sosial. Contohnya, expert menasihati murid agar gak terlambat datang ke sekolah.

Tindakan Represif Bersifat Hidup

Pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengembalikan keserasian yang pernah terganggu karena terjadinya suatu pelanggaran dengan panduan menjatuhkan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Misalnya, sanksi skors diberikan pada siswa yang sering melanggar peraturan.

Tindakan Kuratif

Pengendalian sosial bersifat kuratif merupakan pengendalian sosial yang dilakuin pada saat terjadi penyimpangan sosial. Contohnya, seorang master menegur dan menasihati siswanya karena ketahuan menyontek di dalam saat ulangan. bertujuan untuk memberi penyadaran kepada perilaku dan memberikan efek jera,

Bentuk-Bentuk Pengendalian Sosial

Tidak sedikit sekali bentuk-bentuk pengendalian sosial yang dilakukan oleh penduduk untuk mencegah terjadinya ulah menyimpang.

Gosip

Gosip hampir sering juga diistilahkan dengan desas-desus. Gosip merupakan memperbincangkan ulah negatif yang dilakukan akibat seseorang tanpa didukung dengan fakta yang jelas. Gosip tidak dapat diketahui selakuala, menurut, terbuka, terlebih-lebih oleh jamaah yang merupakan objek gosip.

Namun demikian gosip meraih menyebar dari mulut ke mulut sehingga hampir semua anggota masyarakat tahu lalu terlibat dalam gosip.

Seperti gosip tentang perselingkuhan yang dilakukan oleh Si A dengan Si B. gosip seperti ini dalam masa singkat akan segera menyebar.

Warga masyarakat yang sudah mendengar gosip tertentu tetao terpengaruh dan bersikap sinis kepada orang yang digosipkan. Karena sifatnya yang laten, biasanya orang sangat mengontrol agar tidak menjadi objek gosip.

Teguran

Teguran umumnya dilakukan oleh seseorang / sekelompok orang terhadap seseorang atau sekelompok orang yang dianggap melanggar etika dan/atau mengganggu kenyamanan warga penduduk.

Teguran merupakan kritik sosial yang dilakukan secara segera dan terbuka sehingga yang bersangkutan segera menyadari kekeliruan yang telah diperbuat. Pada dalam tradisi masyarakat kindertagesst├Ątte teguran merupakan suatu perkara yang tidak aneh pula.

Misalnya teguran terhadap sekelompok pemuda yang begadang hingga larut malam sambil meracik kegaduhan yang mengganggu ketentraman warga yang sedang tidur, teguran yang dilakukan dengan guru kepada pelajar yang sering meninggalkan pelajaran, serta lain sebagainya.

Sanksi/Hukuman

Dalam dasarnya sanksi atau pukulan merupakan imbalan yang bersifat negatif yang diberikan pada seseorang atau sekelompok jamaah yang dianggap telah melancarkan perilaku menyimpang. Misalnya pemecatan yang dilakukan terhadap polisi yang terbukti telah mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba, kemudian lain sebagainya. Adapun khasiat dari sanksi atau pukulan antara lain adalah:

  • Untuk menyadarkan seseorang / sekelompok orang terhadap penyimpangan yang telah dilakukan hingga tidak akan mengulanginya pula.
  • Sebagai petunjuk kepada warga masyarakat yang lain agar tidak melakukan penyimpangan.

Pendidikan

Pendidikan merupakan kerja keras sadar yang dilakukan dengan seseorang atau sekelompok jamaah untuk mempengaruhi seseorang ataupun sekelompok orang agar menggapai taraf kedewasaan. Melalui pendidikanlah seseorang mengetahui, memahami, lalu sekaligus mempraktikkan sistem harga dan sistem norma yang berlaku di tengah-tengah penduduk.

Agama

Agama mengajarkan pada seluruh umat manusia utk menjaga hubungan baik masa manusia dengan sesama orang, antara manusia dengan makhluk lain, dan antara orang dengan Tuhan Yang Maha Esa. Hubungan yang teliti dapat dibina dengan teknik menjalankan segala perintah Tuhan dan sekaligus menjauhi semua larangan-Nya.

Melalui agama ditanamkan keyakinan bahwa melaksanakan perintah Tuhan merupakan perbuatan baugs yang akan mendatangkan pahala. Sebaliknya, melanggar larangan Tuhan merupakan perbuatan dosa yang akan mendatangkan siksa. Dengan keyakinan seperti ini, jadi agama memegang peranan yang sangat penting dalam mengontrol perilaku kehidupan manusia.

Pengertian, Bentuk Dan Macam – Macam Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli