Pengertian, Ciri / Sifat Pasar Monopoli Serta Kebaikan Dan Keburukannya Lengkap

Posted on

DosenPendidikan.Com – Pasar monopoli yang dari ( bahasan Yunani : monos, satu + polein, menjual ) ialah suatu bentuk pasar yang dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Untuk penentu dari harga pada pasar ini ialah seorang penjual atau yang sering disebut dengan ( Monopolis ). Untuk sebagai penentu harga ( price-maker ), seorang monopolis bisa menaikan atau bisa mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit barang yang akan diproduksi maka semakin mahal harga dari barang tersebut, dan begitu pula sebaliknya.

positif dan negatif

Meskipun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Jika penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi ( pengganti ) produk tersebut atau-lebih buruklagi-mencarinya dipasar gelap ( black market ).

Ciri / Sifat Dasar Pasar Monopoli

Ada beberapa ciri / pasar dasar dari pasar monopoli, ciri yang paling utama ialah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang terbilang sangat banyak. Ciri lainnya ialah tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis dan adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk ke dalam pasar.

Adanya hambatan itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan oleh sebuah perusahaan yang memiliki kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan beberapa cara, yang salah satu diantaranya ialah dengan cara menetapkan harga serendah mungkin.

Dengan menetapkan harga ke tingkat yang sangat rendah, perusahaan monopoli menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil. Perusahaan baru tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopolis yang memiliki kekuatan pasar, image produk dan harga murah, sehingga lama-kelamaan perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya.

Cara lainnya ialah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak ekslusif pada suatu barang yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen dipasar.

Kebaikan Dan Keburukan Pasar Monopoli

Hal yang perlu diketahui bahwa didalam suatu pasar monopoli memiliki kebaikan dan keburukan untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

Kebaikan Pasar Monopoli

  • Perusahaan mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk hal ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan jenis dan mutu produk karena perusahaan mendapatkan laba yang tinggi.
  • Dapat meningkatkan daya saing perusahaan apabila monopoli dapat diperoleh karena kemampuan efisiensi.
  • Dapat lebih mudah untuk mengontrol kepentingan orang banyak apabila monopoli tersebut dilakukan oleh negara.
  • Dapat meningkatkan inovasi ( penemuan baru ) bila monopoli tersebut berbentuk pemberian hak cipta dan hak paten karena orang akan berlomba menciptakan penemuan baru.
  • Dapat mendorong kemajuan teknologi terutama pada monopoli masyarakat. Untuk mendapat kepercayaan masyarakat, perusahaan akan berlomba menggunakan teknologi yang baik agar mutu produkny dapat meningkat.

Keburukan Pasar Monopoli

  • Perusahaan lain susah memasuki pasar monopoli sehingga pemegang monopoli terus leluasa meguasai penjualan.
  • Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan karena keuntungan yang didapat monopolis ( pemegang monopolis ) terlalu besar dan diterima secara terus-menerus.
  • Jumlah produksi yang dijual bergantung pada keinginan monopolis sehingga dapat menyulitkan konsumen.
  • Bisa timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi karena dibayar dengan harga rendah dan eksploitasi terhadap pembeli karena penetapan harga jual yang tinggi.
  • Konsumen tidak bisa berpindah ke perusahaan lain meskipun merasa dirugikan.

Cara Mengatasi Monopoli

Untuk mengatasi keburukan monopoli, pemerintah bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Mengeluarkan undang-undang atau peraturan yang mampu mencegah timbulnya monopoli.
  • Dapat menarik pajak yang tinggi kepada pemegang monopoli.
  • Mengizinkan impor barang yang sama dengan yang diproduksi pemegang monopoli.
  • Ikut menentukan tinggi rendahnya harga.
  • Membuat perusahaan sejenis untuk menyaingi perusahaan pemegang monopoli.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Ciri / Sifat Pasar Monopoli Serta Kebaikan Dan Keburukannya Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂