Pengertian Dan 4 Jenis Komponen Biotik Lengkap Dengan Contohnya

Biologi dudung

DosenPendidikan.Com – Komponen biotik merupakan komponen lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup. Pada dasarnya makhluk hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis tertentu, seperti kelompok manusia, hewan dan tumbuhan. makhluk hidup diklasifikasikan berdasarkan ukuran kedalam mikroorganisme dan macroorganisms. Manusia adalah faktor biotik yang memiliki pengaruh kuat di bumi ini, berlaku memusnahkan dan tuck, atau mempercepat penyebaran kehidupan hewan dan tumbuhan.

Komponen biotik

Pengertian Dan 4 Jenis Komponen Biotik Lengkap Dengan Contohnya

Berdasarkan peran dan fungsi makhluk hidup dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Produsen merupakan makhluk hidup yang mampu mengkonversi bahan anorganik menjadi bahan organik (organisme autotrofik). Proses tersebut hanya dapat dilakukan oleh klorofil tanaman dengan cara fotosintesis. Contoh produsen adalah alga, lumut dan tanaman hijau.
  • Konsumen adalah organisme heterotrofik yang tidak dapat membuat makanan sendiri dan bergantung pada organisme lain, baik heterotrofik atau autotrof itu. Konsumen biasanya binatang. Hewan yang memakan tumbuhan secara langsung (herbivora) disebut konsumen primer. Hewan yang memakan konsumen primer dan disebut-konsumen II untuk membentuk rantai makanan. Konsumen puncak kedua konsumen. Contoh puncak adalah konsumen manusia.
  • Dekomposer yaitu organisme yang dapat menguraikan bahan organik menjadi anorganik untuk kemudian digunakan oleh produsen. Pengurai juga dapat disebut sebagai detritivor organisme atau pemulung. Contohnya adalah pengurai organisme bakteri pembusuk dan jamur.

Setiap makhluk hidup dapat hidup dan berkembang biak di lingkungan yang sesuai, yang disebut habitat.Di dalam ekosistem, setiap organisme memiliki fungsi tertentu dan tugas .Hal ini dikenal nisia.Oleh Oleh karena itu, komponen biotik ekosistem dapat dikelompokkan oleh Phoenician tadi.Secara garis besar ada empat Fenisia.

Produsen

Produsen adalah organisme yang dapat mempersiapkan senyawa organik/mengandung kehidupan material dari bahan anorganik/tidak mengandung kehidupan material menjadi makananya sendiri. Makananya dalam membentuk sendiri, organisme ini dibantu oleh sinar matahari dan sering disebut organisme autotrofik. Kelompok ini termasuk sampul tanaman hijau, beberapa bakteri dan ganggang biru-hijau.

Dekomposer

Dekomposer disebut pengurai. Hal ini memungkinkan zat organik perombak mereka membusuk dan menjalani didaur ulang kembali ke nutrisi. Kelompok termasuk perombak adalah bakteri dan jamur.

Detrivora

Detrivora adalah organisme yang memakan partikel organik (detritus). Detritus adalah kerusakan jaringan hewan atau membusuk vegetasi. Yang menjadi milik kelompok ini adalah cacing tanah, siput, lipan, Keluwing, dan teripang.

Konsumen

Konsumen termasuk organisme yang tidak mampu membuat zat makanan mereka sendiri, dan untuk memenuhi makanan perlu mengandalkan organisme lain. Organisme ini juga disebut organisme heterotrofik. Komponen diklasifikasikan sebagai heterotrofik adalah: manusia, hewan, jamur, dan mikroba. organisme konsumen dibedakan berdasarkan jenis makanan ke dalam kelompok herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan omnivora (pemakan segala).

Berdasarkan tingkat, konsumen dibagi menjadi :

  • Konsumen primer, yaitu produsen pemakan langsung.

Contohnya adalah semua bangsa herbivora dan omnivora seperti sapi, kambing, cacing, tikus, dll.

  • Konsumen sekunder, yang merupakan pemakan konsumen primer.

Contohnya adalah yang paling karnivora dan omnivora seperti: ayam, katak, ular, trenggiling, harimau, cheetah, dll.

  • Konsumen tersier, konsumen sekunder makan.

Contohnya adalah yang paling karnivora dan omnivora seperti: hiu, gurita, elang, dll.

Bagaimana sekarang masih penasaran dengan komponen biotik ??? 😀

Apakan penjelasan diatas sudah membuat cukup mengerti kawan ??? 😀

Semoga bermanfaat ya amin .. 😀

Pengertian Dan 4 Jenis Komponen Biotik Lengkap Dengan Contohnya

Most popular articles related to Pengertian Dan 4 Jenis Komponen Biotik Lengkap Dengan Contohnya
Shares